• Senin, 15 Agustus 2022

Perintahkan Semua yang Terlibat Kasus Brigadir J Ditindak Tegas, Kapolri: Termasuk Bintang Dua

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sat memberikan konferensi pers Kamis 4 Agustus 2022 malam (Twitter @DivHumas_Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sat memberikan konferensi pers Kamis 4 Agustus 2022 malam (Twitter @DivHumas_Polri)

Watyutink.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Bareskrim Polri melakukan tindakan tegas terhadap siapa pun yang terlibat dalam kasus meninggalnya Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J. Listyo meminta Bareskrim tak lagi memandang pangkat yang disandang, bahkan bintang dua sekalipun.

"Siapapun. Siapupun (termasuk jendral bintang dua) yang terlibat dalam kasus ini,” tegas Listyo.

Saat berbicara dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Kamis 4 Agustus 2022 malam, Listyo memastikan akan memberikan sanksi bagi siapa pun anggota Polri yang terlibat, baik secara langsung atau tidak langsung dalam kasus Brigadir J. Kapolri mengaku tak peduli sekalipun yang terlibat berpangkat Jenderal bintang dua atau satu.

Meski tidak secara pasti menyebut siapa Jenderal bintang dua yang dimaksud, berbagai pihak menilai pernyataan Kapolri mengarah pada mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J, Bharada E Terancam Hukuman 15 Tahun

“Tentunya kita akan tindak tegas. Kalau mengarah pidana dan kode etik, kita akan sidang,” tegasnya.

Dalam pernyataannya, Listyo menjelaskan sampai saat ini sudah 25 anggota Polri yang diperiksa terkait peristiwa yang terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga Jakarta Selatan itu. Terdiri dari 3 orang perwira tinggi (Pati), 5 Komisaris Besar (Kombes), 3 Anjun Komisaris Besar Polisi (AKBP), 2 Komisaris Polisi (Kompol), 7 perwira pertama (Pama), serta 5 orang bintara dan tamtama.

Mantan Kabareskrim ini menambahkan 3 orang Pati bintang satu (Brigjen) saat ini tengah menjalani proses pemeriksaan. Menurut Listyo tidak menutup kemungkinan akan merembet ke anggota Polri yang lain karena pemeriksaan masih terus berkembang. Ketiga Brigjen itu masih berstatus sebagai saksi.

“Tiga Pati (perwira tinggi) Polri bintang satu saat ini sedang proses. Kemungkinan akan berkembang ke pangkat dan nama lain,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X