• Minggu, 2 Oktober 2022

Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Lakukan Digitalisasi untuk Kembangkan Usaha dan Tingkatkan Taraf Hidup

- Rabu, 7 September 2022 | 20:05 WIB
Sumber: www.indef.or.id
Sumber: www.indef.or.id

Watyutink.com – Indonesia menjadi negara yang mencatat pertumbuhan ekonomi digital paling pesat di kawasan ASEAN.

Melansir pada riset Google, Temasek, dan Bain (2021), ekonomi digital telah berkontribusi hingga 3,7% Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada 2021, dan diproyeksikan akan meningkat kontribusinya hingga 9,3% pada 2025. Segmen Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) menjadi salah satu pendorong utama.

Saat membuka Webinar Digitizing Indonesia’s Informal Economy di Jakarta, Selasa (6/9), Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah mendorong para pelaku UMKM untuk melakukan digitalisasi guna mengembangkan usaha hingga meningkatkan taraf hidup.

Baca Juga: Pelaku UMKM Masih Ragu dan Tak Percaya Diri dalam Adopsi dan Memanfaatkan Platform Digital

Situasi pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat, menurut Menteri Teten telah menjadi momentum bagi para pelaku UMKM dalam mendigitalisasi ekosistem bisnisnya.

“Selama pandemi, pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan digitalisasi telah terbantu, bahkan turut bertumbuh, karena ada kaitannya karena pembatasan secara fisik. Di sisi lain, Kementerian Koperasi dan UMKM juga kini terus mendorong bagaimana pelaku usaha informal dapat bertransformasi menjadi formal yang salah satunya melalui digitalisasi untuk mendorong pemulihan ekonomi secara transformatif,” ungkap Teten. 

Menteri Teten menambahkan, Kementerian Koperasi dan UMKM juga tengah mendorong pertumbuhan dari hulu sampai hilir guna mendorong percepatan transformasi digital. Ia menjelaskan ada tujuh aspek yang sedang didorong: akses pasar, pemantauan kualitas produksi, keuangan dan pembiayaan, organisasi, kapasitas produksi, pasokan, dan distribusi logistik.

Aspek-aspek ini menurut Menteri Teten merupakan kunci untuk menciptakan ekosistem yang tanggap digital.

Baca Juga: Digitalisasi Ekosistem Warung Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkatkan Taraf Hidup

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Darurat Kemanan Cyber!

Kamis, 8 September 2022 | 20:15 WIB
X