• Jumat, 7 Oktober 2022

Digitalisasi Ekosistem Warung Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkatkan Taraf Hidup

- Rabu, 7 September 2022 | 20:45 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

 

Watyutink.com - Warung memiliki peran penting sebagai sarana perdagangan utama di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, 76.085 desa/ kelurahan atau lebih dari 80 persen desa/kelurahan di Indonesia mengandalkan warugn sebagai sarana perdagangan utama masyarakat.

Jumlah warung sebanyak lebih dari 3,6 juta saat ini juga berkontribusi lebih dari 80 persen terhadap nilai perdagangan ritel di Indonesia.

Menurut CEO dan Presiden Direktur GOTOKO Gurnoor Singh Dhillon pada Webinar Digitizing Indonesia’s Informal Economy di Jakarta, Selasa (6/9), nyatanya dari total lebih 3 juta warung, 80% atau lebih dari dua juta warung bahkan masih dikategorikan sebagai warung yang kurang terlayani (underserved retailers).

Warung-warung ini umumnya tidak memiliki akses langsung kepada brand principal, sehingga pasokan barang mereka utamanya berasal dari agen sekunder, oleh karenanya para pemilik warung kerap menghadapi masalah dalam memenuhi pasokannya.

Kondisi ini kemudian membuat operasional bisnis warung menjadi tidak efisien dan mengurangi kemampuan mereka untuk melayani pelanggan dengan baik.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Lakukan Digitalisasi untuk Kembangkan Usaha dan Tingkatkan Taraf Hidup

Pemilik warung misalnya harus perlu menutup warungnya saat belanja kebutuhan pasokan warung sehingga mengurangi pendapatan hariannya.

Minimnya akses terhadap brand principal secara langsung juga membuat pemilik warung tidak dapat mendapatkan program-program loyalitas, yang turut mengurangi marjin mereka dalam menjalankan bisnis.

“GOTOKO hadir sebagai teman terbaik warung dengan visi dan misi untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut melalui digitalisasi guna membantu pemilik warung mengembangkan bisnisnya dengan efisien, membantu meningkatkan pendapatan sekaligus taraf hidup pemilik warung beserta keluarganya,” ungkap Gurnoor di Webinar Digitizing Indonesia’s Informal Economy.

Gurnoor menambahkan GOTOKO hadir dengan fokus strategi memenangkan berbagai wilayah di Indonesia, baik yang besar maupun kecil untuk mengembangkan bisnis warung, sekaligus mendorong digitalisasi warung untuk memperkokoh ekosistem bisnis warung.

Baca Juga: Pelaku UMKM Masih Ragu dan Tak Percaya Diri dalam Adopsi dan Memanfaatkan Platform Digital

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LPS: Ekonomi RI Masih Mampu Tumbuh Baik Tahun Depan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:54 WIB

Indonesia Darurat Kemanan Cyber!

Kamis, 8 September 2022 | 20:15 WIB
X