• Minggu, 25 September 2022

Kantongi Izin DPR, Investor Sambut Rights Issue Adhi Karya

- Rabu, 14 September 2022 | 21:13 WIB
Pembangunan jalan tol Sibancah akomodasi  perlintasan satwa liar (Sarwani/Watyutink.com)
Pembangunan jalan tol Sibancah akomodasi perlintasan satwa liar (Sarwani/Watyutink.com)

Watyutink.com – Percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan dilakukan oleh PT Adhi Karya Tbk mendapatkan momentumnya setelah Komisi XI DPR menyetujui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan privatisasi melalui penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue kepada BUMN karya tersebut.

Dalam rapat kerja yang digelar Selasa (13/9/2022), Komisi XI DPR menyetujui pemberian PMN kepada PT Adhi Karya sebesar Rp 1,98 triliun dan rights issue porsi publik sebesar Rp 1,89 triliun.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Rionald Silaban mengatakan bahwa suntikan modal dari pemerintah itu akan digunakan untuk menuntaskan beberapa proyek strategis nasional.

Baca Juga: Adhi Karya Beberkan Kinerja, Kontrak Baru Melonjak 100 Persen

Menurut Rionald Silaban, dengan adanya PNM dan right issue, investor melihat prospek positif dalam berbagai proyek yang sedang dikerjakan oleh perusahaan plat merah dengan kode perdagangan ADHI.

"Ketika dilakukan non deal roadshow, para calon investor lokal itu menyampaikan, mereka melihat prospek yang positif dari PT Adhi Karya, melihat dari proyek-proyek yang disampaikan," kata Rionald.

Dampak dari rights issue, lanjut Rionald Silaban, akan terjadi perbaikan pada rasio utang terhadap ekuitas (debt to equity ratio), pertumbuhan laba kotor, dan laba bersih PT Adhi Karya.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson yang turut hadir mengatakan bahwa PMN dan rights issue diperlukan berkaitan dengan program pemerintah dalam menyelesaikan proyek strategis nasional.

Baca Juga: Proyek Strategis Nasional, Tol Sibanceh Bakal Buka Simpul-Simpul Ekonomi di Aceh

Selanjutnya PT Adhi Karya menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah untuk PMN, dilanjutkan dengan right issue yang dijadwalkan digelar pada Oktober mendatang.

Halaman:

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

Indonesia Darurat Kemanan Cyber!

Kamis, 8 September 2022 | 20:15 WIB
X