• Rabu, 7 Desember 2022

Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV 2022 Akan di Atas 5 Persen

- Minggu, 13 November 2022 | 14:56 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  (Instagram @airlanggahartarto_official)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Instagram @airlanggahartarto_official)

airlangg Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto optimistis pemulihan perekonomian nasional akan terus berlanjut dan pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2022 akan berada di atas 5 persen.

 Airlangga menyebutkan bahwa meski berada di tengah gejolak tantangan global, perekonomian Indonesia cukup resilient.

"Terbaru dalam kuartal ketiga tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh di atas ekspektasi, yakni sebesar 5,72 persen (YoY) dengan tingkat inflasi yang terkendali sebesar 5,71 persen (YoY) pada bulan Oktober 2022 di tengah lonjakan inflasi di berbagai negara,” kata Airlangga.

Dia mengatakan hal ini dalam pidatonya secara virtual pada hari kedua kegiatan 4th Indonesia Fintech Summit (IFS) yang berlangsung pada 10-11 November 2022 di Bali.

Menurut Airlangga, pertumbuhan ekonomi tersebut juga seiring dengan perbaikan sektor jasa keuangan yang juga tumbuh konsisten dan stabilitas tetap terjaga.

Dia menambahkan, sektor keuangan digital memiliki potensi yang sangat menjanjikan, sehingga dibutuhkan kolaborasi para stakeholder, termasuk asosiasi sehingga beragam platform layanan keuangan digital semakin inklusif dan mampu menjangkau segenap lapisan masyarakat.

Melalui Menko Perekonomian, menurut Airlangga, pemerintah bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI akan terus mendukung kontribusi industri fintech terhadap penguatan ekonomi nasional.

“Dalam pemulihan ekonomi secara nasional dan global, Indonesia menghadapi tantangan dari tingkat inflasi dunia yang lebih tinggi dari perkiraan,” imbuhnya.

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), pertumbuhan ekonomi global diperkirakan melambat, dari 6,1 persen pada 2021 menjadi 3,2 persen pada 2022. Alhasil, negara-negara di seluruh belahan dunia memprioritaskan upaya untuk "menjinakkan" inflasi.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mempertegas bahwa masalah yang dihadapi oleh Indonesia adalah masalah yang juga dihadapi oleh seluruh negara secara global.

Halaman:

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

X