• Minggu, 29 Januari 2023

Pemerintah Tambah Cadangan Beras Bulog, Zulhas: Belinya Sudah, Impornya Belum

- Selasa, 29 November 2022 | 21:10 WIB
Beras Bulog. Foto Istimewa
Beras Bulog. Foto Istimewa

Watyutink.com – Pemerintah akan menambah stok beras yang dimiliki Bulog melalui impor agar jumlahnya tidak kurang dari 1,2 juta ton.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan pemerintah sudah membeli beras dari luar negeri untuk kebutuhan cadangan Bulog, namun belum melakukan impor.

"Jadi sekarang kita beli, tapi tetap di luar barangnya. Belinya sudah, tapi impornya belum. Sekarang kita masih kasih kesempatan (Kementan dan Bulog), kalau gak salah itu 6 hari untuk nambah stok. Kalau gak ada, ya kita gak bisa main-main. Harus beli, harus bisa masuk agar stoknya cukup," kata Zulhas di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Ia mengatakan Indonesia surplus beras dan tidak perlu impor sesuai dengan data mengenai stok beras yang ada di Kementerian Pertanian. Namun, stok beras tersebut, menurut dia, ada di pedagang dan rumah tangga.

Namun data Bulog menunjukkan cadangan beras yang dimiliki lembaga itu menipis. Beberapa waktu lalu Dirut Perum Bulog Budi Waseso mengatakan cadangan beras pemerintah (CBP) hanya 651 ribu ton saat ini atau separuh dari target 1,2 juta ton.

Beras merupakan makanan pokok yang penting, menurut Zulhas, sehingga persediaan beras Bulog tidak boleh kurang dari 1,2 juta ton.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR dengan Kementan, Perum Bulog, Badan Pangan Nasional (BPN), dan ID Food pada Rabu (23/11/2022), lembaga legislatif RI memberi waktu kepada Kementan untuk menaikkan cadangan beras nasional sebanyak 600 ribu ton dalam waktu 6 hari kerja.

"Kalau diperlukan (perizinan impor), segera. Persetujuannya sudah untuk beli barang itu (beras), masuknya kapan saja, anytime. Jadi kalau memang diperlukan Bulog hari ini, besok, lusa, sudah bisa. Kami fleksibel, kalau mereka gak bisa memenuhi dalam 6 hari itu, ya silakan mau 1 atau 2 hari setelahnya (impor beras)," ujar Zulhas.

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

CIMB Niaga Finance Terbitkan Sukuk Rp1 Triliun

Selasa, 10 Januari 2023 | 11:06 WIB

Indonesia Diminta Berhati-hati Kelola Makro Ekonomi

Kamis, 22 Desember 2022 | 14:49 WIB

BI: Penyaluran Kredit Baru Meningkat November 2022

Senin, 19 Desember 2022 | 15:07 WIB
X