• Rabu, 10 Agustus 2022

Merawat Kebhinekaan dengan Kebudayaan

- Rabu, 10 Maret 2021 | 12:30 WIB
Sumber Foto : MAC UI/ Al-Zastrouw
Sumber Foto : MAC UI/ Al-Zastrouw

Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) berkerja sama dengan Forum Kebangsaan UI dan komunitas @akuindonesia menggelar event “Nusantara Berkisah” seri 6, pada Rabu, 10 Maret 2021 pukul 19. Pada episode kali ini akan membahas tema  “Merawat Kebinekaan Nusantara”.

Tema ini diambil sebagai upaya menggali berbagai kearifan lokal yang ada dalam tradisi Nusantara untuk merawat keberagaman. “Keberagaman yang ada di bangsa ini memang sudah menjadi takdir Tuhan, artinya sudah menjadi pemberian Tuhan (given)”,  kata Ngatawi Al-Zastouw, Kepala MAC UI. “Tapi keberagaman bangsa yang given ini bisa hancur kalau kita tidak merawat dan menjaganya. Seperti hutan yang tumbuh beraneka ragam pohon, bunga-bunga dan fauna. Semia bisa rudak dan hancur kalau kita tidak menjaganya,” lanjut Zastrouw.

Karena ditakdirkan sebagai bangsa yang beragam, masyarakat Nusantara memiliki nilai-nilai dan kearifan lokal untuk menjaga harmoni dalam keberagaman. Nilai-nilai dan kearifan itu mewujud dalam berbagai ragam tradisi dan budaya Nusantara. “Itulah sebabnya kita akan menggali berbagai nilai-nilai dan kerifan yang dimiki bangsa ini yang bisa dijadikan pijakan bersama untuk menjaga dan merawat keberagaman bangsa ini,” kata Zastrouw lebih lanjut.

Saat ini, upaya menjaga keberagaman Nusantara ini menjadi seuatu yang sangat penting. Karena banyak hal yang mengancam keutuhan keberagaman bangsa. Selain munculnya fenomena keagamaan yang puritan dan eksklusif serta maraknya sikap egois materialistis. “Bahkan dalam Situasi pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang mencari keuntungan dengan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan,” kata Dr. Haryatmoko. Jika fenomena yang bisa merusak keberagaman ini tidak atasi bersama maka tidak hanya keutuhan bangsa dan budaya kita yang terancam tetapi eksisten kemanusiaan kita juga bisa bisa terancam.

Akan tampil sebagai narasumber dalam acara ini, Dr. Haryatmoko (Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Jefri Edi Irawan Gultom (Ketua Umum GMKI). Pengisi acara lainnya adalah Cheppy Iriawan (Ativis Oi, Musisi), Iwenk MJC (Penggerak Komunitas Musik Jalanan Center) serta seniman dari BEM dan UKM UI, dengan pemandu acara Trie Utama dan Ngatawi Al-Zastrouw.

Acara ini didukung oleh Humas UI, Sultan TV dan Kulturina, dan akan disiarkan langsung oleh Sultan TV dan kanal youtube Makara Art Center UI. Acara ini juga bisa disaksikan melalui laman fb dan instagram: Sutantv.co; twiter @Kreatifsultanid dan web www.sultantv.co    

Editor: Admin

Terkini

Orasi Kebudayaan Erros Djarot

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB

Perkembangan Terkini Virus Corona (COVID-19)

Senin, 6 Juni 2022 | 06:00 WIB

Green Faith for Earth Day

Selasa, 26 April 2022 | 16:00 WIB

SYIAR RAMADAN DI KAMPUS UNIVERSITAS INDONESIA

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB

Derma Semeru Melalui Kuliner Nusantara

Senin, 3 Januari 2022 | 10:45 WIB

EVALUASI DAN OUTLOOK 2022 EKONOMI POLITIK INDONESIA

Rabu, 29 Desember 2021 | 10:15 WIB

Bersatu dalam Karya Sastra

Jumat, 26 November 2021 | 11:00 WIB

PEMULIHAN EKONOMI DITENGAH KENAIKAN INFLASI DUNIA

Kamis, 25 November 2021 | 11:00 WIB

Malam Ini UI Gelar Syiar Maulid di MAC

Senin, 15 November 2021 | 14:00 WIB

BISNIS DIBALIK PANDEMI

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:15 WIB
X