• Minggu, 4 Desember 2022

Tim PTDM Universitas Suryakancana Berikan Bantuan Teknologi Pengolahan Minyak Cengkeh untuk Kelompok Tani di Kabupaten Cianjur

- Senin, 20 Desember 2021 | 21:15 WIB
.Sumber Foto: Prill Huseno
.Sumber Foto: Prill Huseno

Press Release

Cianjur Selatan merupakan salah satu sentra tanaman cengkeh di Jawa Barat. Selama ini, sebagian besar daun cengkeh yang dihasilkan oleh petani dijual ke tengkulak untuk diproses di tempat lain. Oleh karena itu,  Universitas Suryakancana (Unsur) berkolaborasi dengan Universitas Widya Gama, mendiseminasikan paket teknologi pengolahan minyak cengkeh untuk dua kelompok dari Kecamatan Cibinong, yaitu Kelompok Mekar Tani dan Kelompok Pelita Tani.

Ketua tim hibah PTDM dari Unsur, Uus Achmad Husaeni, menyampaikan bahwa paket teknologi yang berupa reaktor distilasi, boiler, kondensor, pompa, serta mesin pencacah tersebut, didesain dengan kapasitas sedang agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah Cianjur Selatan. Peralatan tersebut diserahkan langsung oleh tim pengusul didampingi oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bapak Eddy Soeparno.

Ridwan Sugiatna sebagai ketua kelompok Pelita Tani, menyampaikan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui tim pengusul yang sudah memberikan bantuan teknologi tersebut. Mereka berharap agar peralatan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anggota kelompoknya sehingga bisa meningkatkan pendapatan warga masyarakat sekitarnya.

 

Editor: Admin

Terkini

Gurita Energi Kotor dari Lubang Tambang

Rabu, 16 November 2022 | 18:57 WIB
X