• Selasa, 5 Juli 2022

Hasil Pameran Lukisan di MAC UI untuk Bantu Seniman Kaligrafi

- Senin, 25 April 2022 | 14:15 WIB
Sumber Foto: MAC UI
Sumber Foto: MAC UI

Pameran kalaigrafi yang dislenggarakan di gedung Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp50.000.000,-. Dana tersebut berasal dari hasil penjualan pameran kaligrafi selama tiga hari yang dibeli oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Menurut Dr. Ngatawi AL-Zastrouw, Kepala MAC UI, dana tersebut akan disumbangkan kepada para seniman kaligrafi yang terdampak pandemi Covid-19.

“Sudah dua tahun mereka tidak dapat pameran dan menjual hasil karya. Semoga dana yang terkumpul ini dapat sedikit membantu mereka di hari Raya Idul Fitri”. Demikian Zastrouw menjelaskan. Selanjutnya Zastrouw juga menyatakan, selain bentuk kepedualian UI kepada para seniman, kegiatan ini juga merupakan wujud pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu darma Pengabdian Pada Masyarakat.

Dana bantuan hasil pameran diserahkan langsung oleh Deputi II Baznas, bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. Imdadun Rahmat, M.Si., kepada Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA), sebagai lembaga yang akan menyalurkan kepada para seniman Kaligrafi. Dalam sambutannya Dr. Imdad menyatakan, BAZNAS sangat mengapresiasi kegiatan yang yang positif ini, apalgi ini diinisiasi oleh Perguruan Tinggi. ”Bantuan ini adalah bentuk apresiasi dan kepedulian Baznas keada para pejuang seni kaligrafi. Mereka adalah para muballigh yang menggunakan seni kaligrafi sebagai media dakwah” lanjut Dr. Imdad. Lukisan yang dibeli Baznas ini akan dilelang untuk pengumpulan dana sosial.

Pameran kaligrafi di MAC ini merupakan rangkaian kegiatan Syiar Ramadhan Kampus UI yang diselenggarakan oleh MAC UI bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan, Asrama Mahasiswa dan Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok,  didukung oleh PPKB-FIB UI dan Komunitas Musisi Mengaji (Komiji). Kegiatan berlangsung sejak tanggal 22 April dan ditutup tanggal 24 April oleh Ust. Abdi Kurnia, SH, MH., mewakili Wakil Rektor I UI, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rar.net. Abdul Haris.

Dalam Sambutannya Ust. Abdi menyampaikan apresiasi pimpinan UI atas terselenggaranya event Syiar Ramadhan Kampus UI. Kegiatan ini telah melibatkan banyak Unit Kerja yang ada di UI. Dalam sambutannya Ust. Abdi menyatakan: “Ini adalah kegiatan yang positif karena dapat  membangun sinergi antar Direktorat dan Unit yang ada di UI. Kegiatan ini juga spektakuler karena selama ini kegiatan ramadhan di kampus UI lebih mengedepankan aspek ritual, tetapi kali ini dapat mengakomodir aspek-aspek seni budaya, sehingga dapat membentuk keseimbangan lahir-batin, fisik dan mental spiritual dengan suasana yang cukup meriah”.

-

Acara penutupan Syiar Ramadhan Kampus UI dimeriahkan penampilan para artis Komuji, Kikan, RAN, Budi Cilok dan diskusi dengan tema “Membangun Keseimbangan Fisik dan Kesehatan Mental di Bulan Suci Ramadhan” dengan narasumber Dr. Thobib Asyhar (Dosen SKSG UI dan Charyna Ayu Rizkyanti, Ph.D. (Dosen Psikologi UIII).

-

Editor: Admin

Terkini

Perkembangan Terkini Virus Corona (COVID-19)

Senin, 6 Juni 2022 | 06:00 WIB

Green Faith for Earth Day

Selasa, 26 April 2022 | 16:00 WIB

SYIAR RAMADAN DI KAMPUS UNIVERSITAS INDONESIA

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB

Derma Semeru Melalui Kuliner Nusantara

Senin, 3 Januari 2022 | 10:45 WIB

EVALUASI DAN OUTLOOK 2022 EKONOMI POLITIK INDONESIA

Rabu, 29 Desember 2021 | 10:15 WIB

Bersatu dalam Karya Sastra

Jumat, 26 November 2021 | 11:00 WIB

PEMULIHAN EKONOMI DITENGAH KENAIKAN INFLASI DUNIA

Kamis, 25 November 2021 | 11:00 WIB

Malam Ini UI Gelar Syiar Maulid di MAC

Senin, 15 November 2021 | 14:00 WIB

BISNIS DIBALIK PANDEMI

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:15 WIB

Waspadai Ketimpangan Ekonomi Akibat Pandemi

Jumat, 3 September 2021 | 07:00 WIB
X