• Rabu, 30 November 2022

Peringati Hari Jadi ke-100 Tahun, PPI Dunia Gelar Simposium Internasional XIV

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:50 WIB

JAKARTA, 19 Agustus 2022 -- Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) memiliki peranan sangat besar dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Organisasi para pelajar dan mahasiswa yang sedang belajar dan menuntut ilmu di luar negeri ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah gerakan kebangsaan yang mewujud pada Sumpah Pemuda tahun 1928, dan pada akhirnya berhasil melahirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan bisa dikatakan bahwa PPI adalah motor dan inisiator penting bagi gerakan kebangsaan di Republik Indonesia.

Genap berusia 100 tahun, organisasi PPI kini telah tersebar di 60 negara di dunia yang terbagi dalam 3 (tiga) kawasan yaitu Asia-Oseania, Amerika-Eropa dan Timur Tengah-Afrika dengan anggota lebih dari 100.000 pelajar dan mahasiswa.

Memperingati hari jadinya yang ke-100 tahun, PPI menyelenggarakan Simposium Internasional XIV Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia dengan mengangkat tema “100 Tahun PPI Sebagai Momentum Kebangkitan Bangsa untuk Membersamai Indonesia Emas” yang akan diadakan pada 22-26 Agustus 2022. Opening Ceremony akan dilaksanakan pada 22 Agustus 2022 bertempat di Istana Negara Jakarta yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Simposium sendiri akan berlangsung di Gedung D, Kemendikbudristek, Jakarta pada 22-23 Agustus 2022, yang dilanjutkan dengan Kongres pada 24-26 Agustus 2022 untuk pemilihan Koordinator PPI Dunia yang baru, serta penutupan seluruh acara oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Foto: PPI Dunia

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo; Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia yang diwakili Pratikno akan memberikan kata sambutan utama dalam simposium ini.

Sementara itu, dalam Plennary Session akan hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim; Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Erick Tohir; Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas; dan Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jend. TNI Andika Perkasa.

Untuk Concurrent Session, akan hadir Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Mahfud MD; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno; dan CEO & Praktisi Komunikasi, Wishnutama K.

Selain itu pada sesi Talk Show juga akan hadir Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati; Ketua DPR , Puan Maharani ; Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTN), Prof. Jamal Wiwoho; serta Founder, President Director dan CEO Etana Biotechnologies Indonesia, Nathan Tirtana, juga Tokoh Nasional, Surya Paloh.

Acara ini juga bisa disaksikan secara langsung pada saluran Youtube PPIDuniaChanneloffical. Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini bisa menghubungi +62 816 886 285 (Julia) atau email ke julia22rampen@gmail.com.

Memeriahkan acara ini dan dalam rangka Road to Simposium Internasional XIV PPI juga akan diadakan Career & Education Expo 2022 pada 20 dan 21 Agustus 2022, bertempat di Gedung A, Kemendikbudristek, Jakarta, mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Gurita Energi Kotor dari Lubang Tambang

Rabu, 16 November 2022 | 18:57 WIB
X