• Minggu, 25 September 2022

Begini Reaksi Anies Baswedan Saat Dipanggil KPK Terkait Dugaan Korupsi Formula E

- Rabu, 7 September 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi: kan-watyutink.com
Ilustrasi: kan-watyutink.com

Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (7/9/2022) terkait dugaan kasus dugaan korupsi ajang balap mobil listrik Formula E.

Menanggapi hal tersebut, Anies mengaku memang sudah menerima surat pemanggilan dari KPK untuk memberikan keterangan.

"Iya betul saya menerima surat pemanggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK pada hari Rabu tanggal 7 September pagi,” kata Anies pada Senin (5/9/2022).

Anies pun menyatakan akan datang untuk memenuhi panggilan KPK. Dia berjanji akan menjelaskan dan membantu memberikan keterangan soal anggaran penyelenggaraan Formula E.

Baca Juga: Pokoknya, Anies Harus Gagal Nyapres, Berapapun Biayanya

Ketika ditanya soal persiapan, Anies mengaku sama sekali tidak ada persiapan khusus untuk memenuhi panggilan KPK tersebut.

Kendati demikian, Anies mengaku siap untuk menghadapi pemeriksaan. "Insyaallah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi jelas," ujar Anies pada Selasa (6/9/2022).

Sementara, Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) masih berjalan.

"Dalam proses penyelidikan, KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK, sehingga siapapun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti akan kami panggil," kata Ali.

Ali menjelaskan saat tim penyelidik masih melakukan pendalaman dengan mengumpulkan barang bukti dan keterangan dari para saksi. "Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat," lanjut Ali.

Menurut Ali, proses pemeriksaan yang dilakukan KPK tersebut agar bisa mendapatkan gambaran awal secara utuh terkait dugaan korupsi Formula E.

Untuk itu, dia berharap pihak yang dipanggil untuk kooperatif supaya seluruh proses berjalan secara efektif dan efisien.

"Dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku," tutup Ali.

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Anak Dudung Tak Lolos Akmil, Ini Kata Andika Perkasa!

Selasa, 6 September 2022 | 12:36 WIB

Tarif Ojek Online Tak Jadi Naik Hari Ini

Senin, 29 Agustus 2022 | 09:58 WIB

Urus Anak Ferdy Sambo, Kak Seto Disebut Pansos

Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:20 WIB
X