• Senin, 15 Agustus 2022

Bunga Wijaya Kusuma, Tak Sekadar Beraroma Mistis Tapi Juga Bisa Sembuhkan Asma, TBC, Nyeri Lambung dan Bisul

- Minggu, 1 Mei 2022 | 06:00 WIB
Bunga Wijaya Kusuma
Bunga Wijaya Kusuma

Watyutink.com - Selama ini bunga wijaya kusuma dikenal lantaran mitos yang menyertainya. Bunga yang hanya mekar disaat tertentu, terutama malam hari ini kerap dihubungkan dengan keberuntungan. Pasalnya orang mengenal bunga wijaya kusuma sebagai kesukaan para raja-raja di masa lalu.

Selain itu bunga wijaya kusuma juga sering dikaitkan dengan keberuntungan. Siapa yang menanam bunga ini disebutkan bakal kaya dan berlimpah harta. Itulah sebabnya banyak yang ingin menanam bunga ini.

Namun bunga wijaya kusuma juga tak luput dari kesan mistis. Pasalnya bunga dengan nama latin Epiphyllum Angulinger ini dipercaya sebagai hiasan singgahsana kesukaan Nyi Roro Kidul, ratu gaib penguasa laut selatan. Itulah sebabnya beberapa orang justru takut memelihara bunga wijaya kusuma.

Namun terlepas dari semua mitos itu, bunga wijaya kusuma sebenarnya memiliki banyak manfaat. Selain aromanya yang wangi bunga ini juga mengandung zat yang baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya bunga wijaya kusuma bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan?

Bunga wijaya kusuma diketahui memiliki kandungan senyawa dan mineral, seperti glukosa, asam sitrat dan mint. Itulah sebabnya bunga yang berasal dari Venezuela, Amerika Selatan ini berguna untuk menjaga kesehatan.

Selain itu bunga wijaya kusuma mempunyai rasa manis akibat kandungan glukosa. Sedangkan kandungan mint memberikan rasa segar dan asam sitram menyebabkan bunga wijaya kusuma memiliki PH yang netral. Hal ini menjadikan bunga ini bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Salah satunya untuk menyembuhkan sakit tuberkolosis atau TBC. Penyakit yang menyerang organ pernafasan ini biasanya ditandai dengan batuk yang tak kunjung sembuh. Hal ini akibat bakteri atau virus yang menempel di tenggorokan.

Kandungan nutrisi dalam bunga wijaya kusuma, terutama mint diyakini mampu menguair virus penyebab TBC. Caranya rebus tiga hingga lima kuntum bunga wijaya kusuma dengan air. Campurkan 15 gram gula aren. Setelah mendidih, angkat dan minum selagi hangat. Lakukan rutin dua kali sehari.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X