• Senin, 15 Agustus 2022

Bunga Melati, Selain Harum Ternyata Bisa Sembuhkan Sesak Nafas, Radang Usus, dan Redakan Sakit Kepala

- Rabu, 4 Mei 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com – Salah satu bunga yang paling banyak dikenal orang adalah melati. Aromanya yang wangi membuat bunga melati banyak digunakan untuk berbagai kegiatan. Warna bunganya yang putih juga menjadikan melati sebagai hiasan dalam berbagai acara tradisional.

Ternyata bunga melati bukan hanya baik digunakan untuk acara-acara tradisional. Pasalnya bunga melti juga baik untuk menjaga kesehatan. Pasalnya bunga ini memiliki beragam senyawa yang bermanfaat bagi tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga melati bagi kesehatan?

Melati adalah tanaman yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bunga yang juga bernama Jasmine atau Yasmin ini termasuk tanaman merambat. Setidaknya ada 200 species asli melati yang termasuk dalam keluarga tanaman zaitun atau oleaceae. Namun dari semua species bunga melati, yang paling dikenal adalah melati putih.   

Bunga melati seringkali dimanfaatkan sebagi campuran untuk minum teh. Selain itu melati juga kerap digunakan untuk menambah rasa makanan. Namun, bunga melati seringkali dimanfaatkan untuk aromaterapi dan perawatan kecantikan. Para ahli menyebut, bunga melati diketahui bersifat antibakteri dan antioksidan. Selain itu bunga melati juga mengandung zat kimia, seperti methyl salisilat, benzil acetat dan turunan alkohol seperti benzil alkohol, lynaol, indole, dan Z. Jasmone.

Itulah sebabnya bungan melati bisa digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi gangguan pernafasan seperti sesak nafas dan asma. Seringkali sesak nafas dipicu beberapa kondisi, seperi alergi, anemia, dan olah raga yang terlalu berat. Penyakit sinusitus, pilek, dan maag juga bisa menjadi pemicu sesak nafas.

Untuk mendapatkan manfaat bunga melati, caranya sangat mudah. Ambil beberapa kuntum bunga melati, rebus dengan air. Saat sudah hangat, gunakan rebusan air melati untuk membasahi handuk dan letakkan di dada yang terasa sesak.

Bunga melati juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker. Pasalnya kandungan senyawa kimia dalam bunga melati diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang seringkali menyerang jarungan tubuh yang lain. Rutin mengonsumsi ramuan bunga melati diyakini dapat mengurangi dan menghambat perkembangan penyakit berbahaya ini.

Ramuan bunga melati juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah. Penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ini seringkali menyerang bersamaan dengan datangnya musim hujan. Penderita biasanya akan menderita demam tinggi, sakit kepala, nyeri dibagian otot, tulang, dan sendi.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X