• Jumat, 1 Juli 2022

Wah, Ternyata Rutin Makan Tempe Mentah, Bisa Sehatkan Tulang, Pencernaan, dan Cegah Kanker

- Minggu, 15 Mei 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com - Tempe adalah makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Bukan hanya rasanya yang gurih dan nikmat, dunia juga mengakui manfaat tempe untuk kesehatan. Makanan dari olahan kedelai ini diyakini kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk mencegai berbagai jenis penyakit.

Namun sayangnya kandungan nutrisi dalam tempe kerap rusak akibat cara memasak yang salah. Sehingga tempe yang semula bermanfaat bagi kesehatan jadi sia-sia.

Tahukah Anda bagaimana cara mengolah tempe yang benar?

Selama ini, kita selalu mengolah tempa menjadi aneka menu masakan. Menggoreng tempe dengan minyak panas adalah cara yang paling sering dilakukan. Aroma tempe panas diakui sangat menggoda selera makan. Padahal sejatinya menggoreng justru menghilangkan nutrisi dalam tempe.

Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Made Astawan MS mengatakan menggoreng dengan minyak panas akan menghancurkan bakteri baik yang dikandung tempe.

Astawan yang juga Ketua Forum Tempe Indonesia (FTI) menjelaskan di dalam tempe terdapat mahluk hidup berupa prebiotik. Saat dimakan, prebiotik akan berubah menjadi asam laktat, sama sepeti yang ada dalam yoghurt. Bahkan jika dimasak dengan benar, prebiotik dalam tempe lebih tinggi dibanding yoghurt.

Astawan menyarankan tempe tidak dimasak dengan cara digoreng. Melainkan di kukus atau dipanggang. Cara itu akan membuat kandungan nutrisi, terutama prebiotik dalam tempe tidak rusak.

Sementara itu pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan kandungan nutrisi seperti protein dalam tempe akan rusak ketika mengalami proses pemanasan. Itulah sebabnya menggoreng tempa akan mengurangi manfaat yang terkandung di dalamnya.

Zaidul menjelaskan dalam dunia medis ada yang disebut denaturasi. Proses yang sama juga terjadi saat makanan lain, seperti telur digoreng.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X