• Selasa, 5 Juli 2022

Paduan Apel Malang, Bawang Putih, dan Jahe Merah, Bahan Alami untuk Sembuhkan Penyumbatan Jantung

- Senin, 16 Mei 2022 | 06:05 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com – Jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Organ yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh ini tidak boleh mengalami ganggung sedikit pun. Pasalnya gangguan pada jantung akan menyebabkan masalah pada kesehatan. Jika dibiarkan, masalah tersebut bisa bertambah parah dan menyebabkan gangguan kesehatan fatal bahkan kematian.

Salah satu gangguan yang kerap terjadi adalah penyumbatan jantung. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari terserang gangguan penyumbatan jantung. Akibatnya serangan datang tiba-tiba tanpa disadari.

Tahukah Anda, apa saja gejala penyumbatan jantung dan bagaimana cara mencegahnya?

Penyumbatan jantung adalah penyakit yang muncul akibat penumpukan plak atau aterosklerosis. Ahli jantung dari RS Bina Waluya, Jakarta Dr. dr. Muhammad Munawar, Sp.JP(K) menjelaskan penyumbatan jantung disebut pula sebagai penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik. Penyebab utamanya adalah kelebihan lemak yang menyebabkan pembuluh darah sekitar jantung menyempit. Akibatnya pasokan oksigen ke jantung menjadi berkurang.

Dr Munawar menegaskan penyempitan pembuluh darah, terutama pada arteri koroner kiri atau left main sangat berbahaya. Pasalnya berakibat jantung kehilangan hampir dua pertiga pasokan darah dan oksigen. Jika tidak segera ditangani bisa berujung kematian.

Penyebab lain dri penyumbatan jantung adalah kebisaan merokok, obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu faktor usia dan jenis kelamin juga mempengaruhi terkena penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner atau penyumbatan jantung biasanya ditandai dengan gejala, seperti nyeri pada dada. Hal ini akibat otot jantung tidak mendapat suplai darah, oksigen, dan nutrisi. Kondisi ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada jantung dan muncul nyeri dada. Semakin lama nyeri akan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti tangan, punggung, leher, dan rahang sebelah kiri.

Selain itu penyumbatan jantung akan membuat penderitanya mudah lelah. Pasalnya peredaran darah dalam tubuh menjadi tidak maksilam. Akibatnya aktivitas sekecil apa pun akan menguras tenaga pederitanya.

Seringkali kondisi tersebut dibarengi dengan sesak napas. Kontraksi jantung yang tidak maksimal menyebabkan aliran darah dari paru-paru ke jantung menurun. Selain itu penderita kerap mengalami perasaan cemas yang memperberat gejala sesak nafas.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X