• Jumat, 1 Juli 2022

Asam Urat Tiba-tiba Kumat? Jangan Panik, Kompres dengan Air Dingin dan Angkat Kaki ke Atas

- Senin, 16 Mei 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com - Asam urat adalah salah satu gangguan kesehatan yang banyak diderita orang Indonesia. Penyakit yang kerap menyerang persendian ini menyebabkan penderitanya sulit bergerak. Pasalnya saat asam urat kumat, persendian akan mengalami peradangan dan pembengkakan. Akibatnya persendian mengalami nyeri, kaku dan sulit digerakkan.

Asam urat sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya pengidap asam urat perlu mengetahui cara atau tindakan pertolongan pertama saat asam urat menyerang. Terlebih menurut penelitian gangguan asam urat kerap menyerang dimalam hari. Bisa jadi saat itu klinik dokter sudah banyak yang tutup. Demikian pula apotek atau toko obat.

Tahukah Anda, apa saja pertolongan pertama saat asam urat kumat?

Penting bagi penderita asam urat melakukan pertolongan pertama. Pasalnya jika tidak segera ditangani nyeri yang dirasakan akan semakin parah. Bahkan seringkali disertai pembengkakan dan kulit menjadi kemerahan.

Itulah sebabnya penderita asam urat harus selalu menyediakan obat anti nyeri. Hal ini agar sewaktu-waktu kambuh atau kumat, nyeri akibat asam urat bisa segera diredakan.

Bisa juga dengan mengompres persendian yang sakit akibat asam urat dengan air dingin. Caranya, rendam kain atau handuk dalam air es. Bisa juga dengan memasukkan es batu dalam kantong plastik dan tempelkan di persendian yang sakit atau nyeri. Lakukan sekitar 10 atau 15 menit saja.

Saat terserang asam urat, angkatlah kaki ke atas. Cara ini terkesan sederhana tapi diyakini bisa membantu meredakan nyeri pada persendian. Mengangkat kaki akan lebih efektif jika disertai dengan mengompres persendian dengan air dingin atau es batu.

Penting bagi penderita asam urat selalu memperbanyak minum air putih. Pasalnya dehidrasi atau kekurangan cairan adalah
salah satu penyebab serangan asam urat. Minum air putih akan membantu proses peluruhan zat asam urat dari dalam tubuh.

Hal ini diharapkan bisa segera mengatasi serangan asam urat yang menyakitkan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga bisa membantu menyehatkan ginjal.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X