• Jumat, 1 Juli 2022

Semangka, Buah Kegemaran Nabi Muhammad SAW, Bisa Cegah Kanker Prostat, Diabetes dan Katarak

- Kamis, 19 Mei 2022 | 15:00 WIB
Buah Semangka berguna bagi kesehatan
Buah Semangka berguna bagi kesehatan

Watyutink.com – Selama ini banyak yang mendiga buah yang digemari Nabi Muhammad SAW adalah kurma. Anggapan itu tidak aneh dan tidak salah. Kurma adalah tumbuhan khas Timur Tengah, termasuk Arab Saudi.  Bahkan di negara-negara tersebut, kurma sudah menjadi makanan pokok. Itulah sebabnya tak heran jika Nabi Muhammad SAW juga menyukai dan mengonsumsi kurma.

Namun selain kurma, Nabi Muhammad SAW juga menyukai buah lain, yakni semangka. Disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam At Tirmidzy disebutkan, “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW sering makan semangkan dan ruthab (kurma).” Tidak heran jika kurma dan semangka dimakan bersama. Pasalnya kedua buah itu bisa saling melengkapi. Panas yang ditimbulkan kurma akan didinginkan semangka, sebaliknya dinginnya semakang dihangatkan dengan kurma.

Semangka memang pantas digemari, bukan hanya oleh Nabi Muhammad SAW melainkan juga banyak orang. Pasalnya selain segar, semangka juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buang semangka bagi kesehatan?

Manfaat pertama dari buah semangka adalah mengatasi masalah pencernaan, terutama sembelit atau susah buang air besar. Sembelit seringkali muncul karena kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Selain itu kebiasaan mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju juga bisa memicu sembelit.

Itulah sebabnya mengonsumsi semangka sangat baik untuk mencegah sembelit. Kandungan serat dan air dalam semangka diyakini dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Selain semangka, manfaat mencegah sembelit juga bisa didapatkan pada buah lain yang tinggi kadungan air, seperti melon.

Semangka juga dapat menyehatkan otot dan tulang. Selain kaya kandungan serat dan air, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin B6, antioksidan, beta karoten, selenium, dan zinc yang dapat membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. Itulah sebanya mengonsumsi semangka dapat mengurangi gejala arthritis atau radang sendi serta mengurangi peradangan yang dapat merusak sendi dan tulang.

Manfaat selanjutnya buah semangka adalah mencegah kanker prostat. Semangka diketahui mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan likopen. Antioksidan bermanfaat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Sedangka likopen sendiri mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat.

Kadungan vitamin C, likopen, serta antioksidan dalam semangka dipercaya dapat menurunkan risiko serangan beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, juga katarak.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X