• Selasa, 5 Juli 2022

Benarkah Main Catur Berguna untuk Kesehatan, Simak Penjelasannya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
Permainan catur baik untuk kesehatan
Permainan catur baik untuk kesehatan

Watyutink.com – Siapa yang tidak mengenal permainan catur. Permainan ‘perang’ menggunakan bidak dan papan kotak-kotak ini sangat populer di penjuru dunia. Permainan ini banyak dimaikan mulai dari tingkat kampung dan pos hansip hingga para grand master.

Catur kini sudah dianggap sebagai salah satu cabang olah raga. Bahkan catur sudah dimainkan di ajang pesta olah raga dunia, Olimpiade.

Tapi, benarkah catur adalah olah raga yang menyehatkan?

Saat berbicara tentang olah raga, selalu terbayang dibenak kita permainan sepak bola, voli, bulu tangkis, tenis, atau kegiatan ‘berkeringat’ lainnya. Itulah sebabnya banyak yang menyangsikan catur adalah olah raga. Pasalnya permainan ini sangat minim gerakan apalagi menyebabkan tubuh berkeringat.

Padahal sejatinya bermain catur juga membuat organ tubuh manusia ‘bergerak dan berkeringat’. Organ tubuh itu adalah otak. Itulah sebabnya catur dikenal juga dengan sebutan olah raga otak. Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa bermain catur dapat membantu perkembangan kemampuan otak. Selain itu catur juga membutuhkan banyak energi untuk mendukung konsentrasi dan keseriusan dalam memainnkannya.

Selain itu dalam bermain catur dibutuhkan pula strategi, layaknya bermain sepak bola atau basket. Strategi yang dibutuhkan adalah bagaimana menyerang dan bertahan. Itulah sebabnya catur juga disebut sebagai permainan strategi.

Seperti halnya olah raga fisik catur juga membawa manfaat bagi kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan otak dan IQ. Seperti organ tubuh lainnya, otak perlu dilatih untuk mendapatkan perkembangan yang optimal. Berstrategi dalam permainan catur dapat mengaktifkan sel dendrit dalam otak. Aktivitas otak pun menjadi lebih koinsisten dengan bermain catur.

Sebuah penelitian menyebut rutin bermain catur selama empat bulan akan meningkatkan IQ secara signifikan. Pasalnya otak akan terbiasa melihat pola dan mampu memperhitungkan pengambilan keputusan yang ada dalam permainan catur.

Bermain catur juga bisa meningkatkan daya ingat. Itulah sebabnya catur bisa digunakan untuk mencegah seseorang  terjangkit alzheimer, sebuah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X