• Jumat, 1 Juli 2022

Cacar Monyet, Gejala, Penyebab dan Cara Menanganinya

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:00 WIB
Sumber Foto: FUTURE PUBLISHING VIA GETTY IMAGE/BBC INDONESIA
Sumber Foto: FUTURE PUBLISHING VIA GETTY IMAGE/BBC INDONESIA

Watyutink.com – Terjadinya wabah cacar monyet yang tiba-tiba di beberapa negara di kawasan Eropa, Amerika dan Australia menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana virus, yang kerap ditemukan di Afrika tengah dan barat itu, berhasil menyebar karena tidak biasa. Sudah ada beberapa negara yang telah melaporkan wabah kasus cacar monyet ini, misalnya, Inggris, Spanyol, Italia, Amerika Serikat, dan Australia. Beberapa di antara pasien diketahui terinfeksi usai melancong ke benua Afrika, asal mula virus cacar monyet tersebut. Dugaan sementara penyebab penyebaran cacar monyet yang cukup masif ini adalah pelonggaran pembatasan perjalanan pasca redanya kasus COVID-19.

Para ilmuwan sedang mencoba memahami mengapa cacar monyet menyebar di luar Afrika Tengah dan Barat. Namun demikian banyak pakar kesehatan mengatakan kasus cacar monyet di 12 negara tidak perlu membuat panik, karena virus ini jauh lebih tidak menular daripada penyakit seperti Covid dan jarang berakibat fatal.

Tahukah Anda, Apa itu Cacar Monyet, apa penyebab, gejala dan cara menanganinya?

Cacar monyet adalah infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit. Cacar monyet atau monkeypox pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970. Cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox, yaitu virus yang termasuk dalam kelompok Orthopoxvirus. Virus ini pada awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan, seperti tupai, monyet atau tikus, yang terinfeksi virus monkeypox.

Penularan virus monkeypox  dapat juga terjadi lewat kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi.

Cacar monyet dapat menyebar antarmanusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit. Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita. Namun, penularan antarmanusia membutuhkan kontak yang lama.

Gejala Cacar Monyet

Gejala cacar monyet akan muncul 5–21 hari sejak penderitanya terinfeksi virus monkeypox. Gejala awal cacar monyet adalah: demam, letih atau lemas, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening, yang ditandai dengan benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan

Gejala awal cacar monyet dapat berlangsung selama 1–3 hari atau lebih. Setelah itu, ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X