• Selasa, 5 Juli 2022

Sembuhkan Sakit Gigi dengan Obat Alami, Cengkeh, Bawang Putih dan Daun Jambu Biji

- Rabu, 25 Mei 2022 | 15:00 WIB
Sakit gigi bisa disembuhkan dengan obat alami
Sakit gigi bisa disembuhkan dengan obat alami

Watyutink.com – Siapa sih yang mau sakit gigi, pasti tidak ada seorangpun yang mau mengalaminya. Meski ada lirik lagu yang mengatakan “Lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi” tapi dalam kenyataanya orang bakal lebih memilih sebaliknya. Pasalnya sakit gigi adalah gangguan kesehatan yang sangat mengangganggu dan menyakitkan.

Aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau belajar dipastikan terganggu lantaran gigi terasa nyeri. Jangankan bekerja, tidur pun tidak nyaman akibat gigi terus terasa nyut-nyut.

Itulah sebabnya berbagai cara dilakukan agar sakit gigi segera reda. Penderita sakit gigi seringkali menggunakan obat-obatan kimia yang banyak dijual di toko obat sebagai pilihan. Seringkali lantaran obat kimia tersebut mudah diperoleh di apotek atau toko obat. 

Padahal sejatinya sakit gigi bisa diredakan menggunakan bahan-bahan alami. Para ahli menilai bahan alami atau herbal lebih baik lantaran bebas dari bahan kimia.

Tahukah Anda, apa bahan alami atau herbal yang bermanfaat menyembuhkan sakit gigi?

Praktisi kesehatan gigi, drg Callista Argentina mengatakan sakit gigi seringkali disebabkan adanya lubang di gigi. Biasanya lubang muncul akibat adanya sisa makanan yang menyelip dan lupa dibersihkan. Lama kelamaan makanan itu akan merusak gigi. Selanjutnya kerusakan akan semakin parah akibat sisa makanan semakin banyak masuk ke dalam lubang tersebut.

Salah satu pengobatan untuk meredakan sakit gigi menurut Callista bisa menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Selain itu garam juga mampu menyerap air sehingga berguna membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Bakteri bisa berkembang biak di lingkungan yang basah dan lembab, termasuk mulut. Jika kering maka bakteri tidak akan bisa hidup. Itulah sebabnya berkumur dengan garam bermanfaat meredakan sakit gigi dan bengkak gusi.  Cara larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik minimal dua kali sehari hingga sakit gigi reda.

Cengkeh juga berguna meredakan sakit gigi. Bahkan cengkeh sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi dalam pengobatan tradisional di China dan India. Cengkeh diketahui mengandung senyawa eugenol yang bermanfaat menghilangkan rasa nyeri secara alami. Cengkeh juga mampu meredakan peradangan dan membunuh bakteri dalam mulut penyebab sakit gigi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X