• Selasa, 5 Juli 2022

Bahaya Kebiasaan Minum Obat Tidur, Parasomnia, Penyakit Paru Kronis, dan Anafilaksis

- Jumat, 27 Mei 2022 | 15:00 WIB
Kebiasaan minum obat tidur bisa berbahaya bagi kesehatan
Kebiasaan minum obat tidur bisa berbahaya bagi kesehatan

Watyutink.com - Tidur mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kesehatan. Tubuh memerlukan tidur untuk mengistirahatkan organ-organ di dalamnya. Tidur juga berfungsi untuk mengembalikan kebugaran. Itulah sebabnya tidur sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.

Bagi sebagian orang tidur adalah kegiatan yang mudah. Tapi hal itu tidak bagi penderita insomnia atau gangguan tidur. Seorang penderita insomnia bahkan bisa terjaga semalaman bahkan lebih lama. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan teranggu saat beraktivitas.

Selama ini penderita insomnia menggunakan obat-obat kimia untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Kebiasaan mengonsumsi obat tidur sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Pasalnya konsumsi obat tidur mempunyai efek samping yang tidak baik bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja efek negatif terlalu sering minum obat tidur?

Diakui, obat tidur memang mampu membuat orang tidur dalam waktu singkat. Bagi penderita insomnia, konsumsi obat tidur sangat membantu mereka agar bisa terlelap.

Namun kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk. Biasanya akan muncul berbagai keluhan akibat terlalu sering mengonsumsi obat tidur. Keluhan bisa terjadi dalam waktu singkat, tetapi bisa juga dalam jangka panjang.

Obat tidur sebenarnya adalah jenis obat-obatan yang harus diminum atas anjuran atau resep dokter. Biasanya untuk mengatasi gangguan tidur dokter memberikan obat jenis Doxepin, Estazolam, Triazolam, Zolpidem, Temazepam, Melatonin,  Ramelteon, Eszopiclone, atau Alprazolam.

Pemakaian obat tersebut sejatinya hanya untuk jangka pendek dan harus sesuai nasehat dokter. Jika tidak, obat tidur justru menimbulkan efek samping, seperti ketergantungan, kecanduan dan masalah kesehatan lainnya.

Dikutip dari laman alodokter.com, efek samping yang bisa muncul adalah kesemutan, pusing, mulut kering, gangguan perut dan pencernaan, seperti konstipasi, diare, dan mual. Seringkali orang yang minum obat tidur akan mengalami mimpi buruk yang mengakibatkan tidur justru tidak nyenyak. Sehingga siang harinya akan merasa kantuk dan susah fokus atau konsentrasi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X