• Selasa, 5 Juli 2022

Daun Pandan, Khasiatnya Seharum Aromanya, Bisa Sembuhkan Insomnia, Hipertensi, dan Rematik

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 06:00 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com - Tentu kita sudah paham fungsi dari tidur. Selain untuk mengistirahatkan tubuh dan organ-organ di dalamnya, tidur juga berfungsi untuk mengembalikan kebugaran. Itulah sebabnya tidur sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.

Namun ada kalanya seseorang mengalami gangguan tidur. Penyakit yang disebut insomnia menyebabkan seseorang sangat sulit tertidur. Penderita insomnia sering terjaga semalaman bahkan lebih. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan teranggu saat beraktivitas.

Selama ini penderita insomnia mengandalkan penggunaan obat-obat kimia. Padahal sebetulnya insomnia bisa diatasi menggunakan bahan alami.

Tahukah Anda ternyata daun pandan bisa digunakan sebagai obat insomnia?

Pandan wangi mempunyai nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb. Tumbuhan ini banyak tumbuh di halaman rumah terutama di tempat teduh dan lembab. Selama ini daun pandan kerap digunakan untuk membuat kue atau masakan.

Para ahli kesehatan herbal menyebut daun beraroma harum ini mengandung beragam zat kimia, seperti alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat warna. Zat inilah yang membuat pandan bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi insomnia.

Selain itu daun pandan wangi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya ramuan daun pandan juga sangat baik dikonsumsi penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Rutin mengonsumsi ramuan daun pandan diyakini dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil.

Daun pandan wangi diketahui dapat menimbulkan efek rileks dan menenangkan. Hal akan membuat saraf menjadi lebih tenang dan mengurangi ketegangan. Saat saraf menjadi tenang, tekanan darah pun menjadi tenang dan tidak mendadak naik.

Sedangkan bagi penderita penyakit insomnia, efek tenang yang ditimbulkan daun pandan akan membuatnya rileks sehingga mudah tertidur. Lantaran tidak mengandung bahan kimia, ramuan daun pandan lebih aman untuk dikonsumsi. Pasalnya daun pandan tidak menimbulkan efek samping.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X