• Jumat, 1 Juli 2022

Obati Asam Urat, Darah Tinggi dan Penyakit Jantung dengan Sayur Lobak

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 15:00 WIB
Sayur Lobak. Foto : iStockphoto
Sayur Lobak. Foto : iStockphoto

Watyutink.com - Bumi Nusantara memang tekenal bertanah subur. Tak heran jika berbagai tanaman bisa tumbuh dengan mudam di Indonesia, terutama buah dan sayur. Bukan hanya tanaman asli Indonesia tapi juga yang berasal dari negara lain.

Salah satu tanaman yang banyak ditanam di tanah air adalah lobak. Tanaman asal daratan China ini sudah banyak ditanam di Indonesia. Lobak juga sudah banyak diolah menjadi aneka makanan dengan cita rasa Nusantara.

Ternyata selain lezat, lobak juga sehat. Pasalnya sayur yang bentuknya mirip dengan wortel ini kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Itulah sebabnya lobak juga bisa menjadi obat bagi berbagai penyakit.

Tahukah Anda, apa saja penyakit yang bisa diobati dengan lobak?

Lobak mempunyai nama latin Raphanus raphanistrum var sativus. Sayuran berwana putih dengan daun hijau diatasnya ini dikenal memiliki beragam kandungan zat gizi. Meskipun sebetulnya memiliki rasa yang pahit, jika dimasak dengan benar, lobak akan memberikan rasa yang enak.

Data Komposisi Pangan miliki Kementerian Kesehatan RI menyebutkan dalam 100 gram lobak, terdapat sekitar 21 kalori, 0,9 gram protein, 0,1 gram lemak, 4,2 gram karbohidrat, dan 1,4 gram serat. Selain itu, lobak juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, C, dan K.

Itulah sebabnya lobak diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai penangkal penyakit asam urat. Lobak merupakan diuretik yang sangat baik. Itulah sebabnya rajin mengkonsumsi jus lobak dapat membantu membuang asam urat melalui urine atau air seni.

Selain itu lobak juga mempunyai enzim diastase yang dapat mempermudah dan memperlancar pencernaan dalam usus. Sehingga mengkonsumsi lobak bisa menyehatkan sistem pencernaan sekaligus menambah nafsu makan.

Journal of Agricultural and Food Chemistry dalam sebuah terbitannya mengatakan lobak mengandung senyawa tertentu yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini tak lepas dari kandungan antioksidan, seperti flavonoid  yang terdapat di dalamnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X