• Jumat, 1 Juli 2022

Praktis, Murah dan Mudah Didapat, Bumbu-bumbu Dapur Ini Ampuh Obati Luka

- Senin, 30 Mei 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net

Watyutink.com - Luka karena terkena benda tajam adalah hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu mengiris bawang ternyata jarimu terkena pisau lalu berdarah. Parah atau tidaknya suatu luka menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum mengobatinya. Tentunya langkah pertama yang dapat kamu lakukan pada luka kecil adalah mencucinya agar terhindari dari infeksi, kemudian mencari obat.

Tahukah Anda, bumbu dapur dapat digunakan sebagai obat luka?

Jika lukamu hanya luka kecil dan tidak memerlukan penanganan dokter lebih jauh, maka tujuh bumbu dapur ini dapat kamu gunakan sebagai obat andalanmu.

Bawang Putih

Berkhasiat sebagai antibiotik alami, menguatkan jantung, mengurangi kadar kolesterol, dan menghambat kanker. Untuk luka, dapat digunakan secara langsung. Ambil satu siung bawang putih, lalu kupas dan belah. Bagian yang dipotong oleskan ke luka. Memang pada awalnya akan terasa sangat pedih, namun itu hanya sebentar dan kabar baiknya lukamu akan cepat mengering karena antibiotik yang terdapat dalam bawang putih.

Cabai Merah

Tak hanya untuk menambah nafsu makan, cabai merah juga dapat digunakan sebagai obat luka. Meskipun pada awalnya akan terasa sangat pedih namun kandungan yang terdapat pada cabai merah akan membantu darah cepat membeku dengan mengerutkan pembuluh darah sehingga luka dapat menutup dengan cepat. Cabai merah yang digunakan adalah bubuk cabai merah atau cabai yang telah dihaluskan, pastikan bijinya tidak ada.

Bubuk Kopi Hitam

Bubuk kopi dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Tentu bubuk kopi yang digunakan adalah bubuk kopi yang belum dicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan crimer. Kandungan astiringent yang terdapat dalam kopi akan membantu pembekuan darah dan menutup luka.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X