• Selasa, 5 Juli 2022

Waspadai Tiba-tiba Sesak Napas, Bisa Jadi Tanda Kolesterol Terlalu Tinggi

- Senin, 30 Mei 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi sesak napas. Foto : Shutterstock
Ilustrasi sesak napas. Foto : Shutterstock

Watyutink.com - Pernahkah Anda tiba-tiba merasa sesak napas hingga sulit bernapas? Jika pernah maka sebaiknya Anda waspada. Pasalnya seringnya sesak napas bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain dalam tubuh. Jika tidak segera diatasi bisa jadi kondisi yang lebih fatal bakal menimpa Anda.

Tahukah Anda apakah penyebab sesak napas?

Beberapa ahli kesehatan menyebut kesulitan bernapas bisa jadi disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Padahal kadar kolesterol tinggi juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti serangan jantung dan stroke. Jika tidak dikelola dan disembuhkan, kadar kolesterol tinggi bisa menganggu aktivitas sehari-hari.

Sayangnya keluhan tersebut seringkali diabaikan. Banyak orang menganggap sesak napas hanya terjadi lantaran kelelahan dan akan hilang dengan sendirinya. Penyakit yang lebih berat seringkali baru terdeteksi setelah seseorang mengalami gejala yang lebih parah.

Penyakit kolesterol memang tidak secara langsung berhubungan dengan sesak napas. Namun kadar kolesterol tinggi bisa memicu penyakit jantung dan mengganggu peredaran darah. Hal inilah yang seringkali menimbulkan sesak napas.

Kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah seringkali menyebabkan terbentuknya plak. Lambat laun plak akan menyumbat dan menyebabkan pembuluh darah menyempit akibat dinding pembuluh darah menjadi tidak elastis.

Salah satu fungsi darah adalah membawa oksigen ke seluruh organ tubuh dan membawa kembali karbondioksida ke paru-paru. Jika aliran darah terhambat maka pasokan oksigen ke seluruh tubuh pun terhambat dan berakibat terjadinya sesak napas.

Itu sebabnya, penderita kolesterol tinggi sering kali mengalami sesak napas dan mudah merasa lelah. Bahkan, beberapa di antaranya juga mengalami nyeri dada dan irama jantung yang tidak teratur. Keluhan tersebut bisa semakin buruk akibat penggunaan obat kolesterol yang disebut statin.

Obat statin memang efektif mengatasi kolesterol tinggi. Tapi efek sampingnya dapat membuat tubuh cepat lelah. Akibatnya keluhan sesak napas jadi bertambah parah.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X