• Jumat, 1 Juli 2022

31 Mei, Hari Tanpa Tembakau Sedunia

- Selasa, 31 Mei 2022 | 11:00 WIB
Sumber Foto : paho.org
Sumber Foto : paho.org

Watyutink.com - Bahaya merokok (menghisap tembakau) bagi kesehatan sudah sering disebutkan dalam berbagai pembahasan. Memang merokok dapat berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit seperti jantung koroner, kanker paru, penyakit paru obstruktif, hingga stroke.

Ada beragam bahan kimia berbahaya yang bisa masuk ke tubuh manusia karena merokok. Nikotin misalnya, sangat adiktif yang bisa mengubah struktur otak saat menerima dopamin. Selain itu ada juga tar, yang merupakan zat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.

Tahukah Anda, hari ini, Selasa, 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia?

Ya, tepat hari ini, Selasa, 31 Mei, diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Untuk peringatan tahun 2022 ini, WHO mengangangkat tema "Tobacco: Threat To Our Environment" (Tembakau: Ancaman Terhadap Lingkungan Kita). 

-

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati  di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar "berpuasa" tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya, baik dari segi kesehatan mauapun lingkungan.

Menurut penjelasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya tembakau telah membunuh lebih dari 8 juta orang. Negara-negara anggota WHO mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Selain  berbahaya bagi kesehatan, merokok juga merusak lingkungan yang sekali lagi imbasnya akan membahayakan kesehatan manusia. 

Direktur Promosi Kesehatan WHO Dr Ruediger Krech mengatakan, “produk tembakau adalah barang yang paling banyak berserakan di planet ini, mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia beracun, yang masuk ke lingkungan kita saat dibuang. Sekitar 4,5 triliun filter rokok mencemari lautan, sungai, trotoar kota, taman, tanah, dan pantai kita setiap tahun,” 

Tak hanya itu, produk seperti rokok, tembakau tanpa asap, dan rokok elektrik juga menambah penumpukan polusi plastik. Filter rokok mengandung mikroplastik dan merupakan bentuk polusi plastik tertinggi kedua di dunia. Karena itulah WHO kemudian mengangangkat tema "Tobacco: Threat To Our Environment" untuk Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X