• Jumat, 1 Juli 2022

Tahu Gejrot, Kuliner Khas Cirebon yang Berguna untuk Kesehatan Jantung, Tulang, dan Ginjal

- Selasa, 31 Mei 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Tahu Gejrot. Foto : kompas.com
Ilustrasi Tahu Gejrot. Foto : kompas.com

Watyutink.com - Bagi sebagian rakyat Indonesia, terutama yang tinggal di Jawa bagian barat, tentu tidak asing dengan Tahu Gejrot. Makanan atau kuliner khas asal Cirebon, Jawa Barat ini sangat tepat dinikmati sambil bersantai.

Makanan ringan atau camilan berbahan dasar tahu ini memang dikenal enak dinikmati, terutama bagi penggemar makanan pedas. Cita rasa tahu yang gurih dipadu dengan pedasnya cabai membuat kita tak bisa berhenti memakannya.

Ternyata tahu genjrot bukan hanya enak dimakan. Pasalnya makanan ini juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat tahu gejrot bagi kesehatan manusia?

Manfaat tahu gejrot bagi kesehatan tak lepas dari kandungan berbagai zat di dalamnya. Makanan yang dibuat dengan cara membejek atau mengejrot tahu dalam cobek berisi cabai ini dikenal memilii kandungan vitamin B kompleks, vitamin E, thiamin, riboflavin, kalium, dan kalsium.

Salah satu manfaat dari tahu gejrot adalah untuk mencegah penyakit jantung. Seperti diketahui, tahu terbuat dari kedelai yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Hal inilah yang membuat tahu gejrot baik untuk kesehatan jantung.

Tahu gejrot juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Pasalnya tahu mengandung koagulan yang menjadi sumber kalsium. Hal ini menyebabkan tahu dapat melindungi tulang dari berbagai penyakit seperti kelemahan tulang, rheumatoid arthritis dan osteoporosis.

Selain itu kandungan isoflavon dalam kedelai juga dapat memperkuat densitas atau kepadatan tulang. Bagi kaum wanita, tahu berguna untuk menangkal penyakit tulang pada perempuan postmenopause.

Tahu gejrot juga baik dikonsumsi penderita gangguan ginjal dan diabetes. Pasalnya tahu diketahui dapat menurunkan kadar protein dalam air seni hingga 10 persen. Protein dalam air seni diketahui menjadi salah satu penyebab kegagalan fungsi ginjal yang bisa memicu diabetes. Namun dalam mengonsumsi tahu gejrot tetap harus dalam jumlah yang terkontrol.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X