• Jumat, 1 Juli 2022

Temu Kunci, Rempah Alami Pembuka Pintu Kesehatan, Sehatkan Pencernaan dan Harmoniskan Rumah Tangga

- Rabu, 1 Juni 2022 | 06:00 WIB
Temu Kunci/ Net
Temu Kunci/ Net

Watyutink.com - Tahukah Anda kegunaan Kunci? Untuk membuka pintu. Jawaban Anda benar. Tapi bukan kunci itu yang dimaksud.

Kunci yang dimaksud adalah jenis rempah-rempah. Di beberapa daerah rempah ini dikenal dengan nama Temu Kunci. Bahan ini sudah lama dikenal mempunyai berbagai manfaat. Selain untuk bumbu masak, kunci bersama jahe, kencur, lengkuas dan sebagainya adalah bahan pembuat ramuan herbal untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat temu kunci untuk kesehatan?

Kunci atau temu kunci mempunyai nama latin Boesenbergia rotunda. Tidak seperti jahe atau lengkuas yang besar, rimpang temu kunci berukuran kecil. Namun di dalam bentuk yang kecil itu tersimpan manfaat yang sangat besar, salah satunya untuk menyehatkan pencernaan.

Temu kunci diketahui mengandung senyawa pinostrobin yang dapat menjaga kesehatan usus, lambung, serta organ pencernaan lainnya. Tidak hanya rimpangnya, daun temu kunci pun juga memiliki manfaat sebagai penangkal racun, antibakteri, antiradang, serta antioksidan yang dapat mengobati berbagai masalah pencernaan.

Temu kunci juga bermanfaat sebagai obat sakit maag dan ulkus lambung. Dua penyakit ini muncul akibat adanya infeksi bakteri helicobacter pylori. Jika tidak segera ditangani, penyakit maag akut bisa semakin buruk bahkan menyebabkan penyakit lambung kronis dan kanker usus besar.

Temu kunci bisa digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi maag. Pasalnya temu kunci mengandung zat flavonoid yang dapat menghambat infeksi akibat bakteri helicobacter pylori atau H-pylori. Anda bisa menggunakan minyak ekstrak akar temu kunci untuk mendapatkan manfaat ini.

Temu kunci juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Pasalnya temu kunci diketahui mengandung senyawa kimia yang dapat membunuh racun dari baktero streptococcus mutans dan lactobacillusadalah. Kedua bakteri tersebut sejatinya hidup alami di dalam mulut. Namun jika jumahnya berlebihan, justri menyebabkan gangguan pada gigi seperti karies dan gigi berlubang.

Gunakan temu kunci sebagai obat kumur atau campurkan bersama pasta gigi. Jika rutin dilakukan niscaya gigi akan semakin sehat.

Halaman:

Editor: Admin

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X