• Selasa, 5 Juli 2022

Hati-hati Saat Tertelan Duri Ikan, Atasi dengan Nasi, Pisang, dan Marshmallow

- Jumat, 3 Juni 2022 | 14:15 WIB
Ilustrasi duri duri ikan. Foto : Shutterstock
Ilustrasi duri duri ikan. Foto : Shutterstock

Watyutink.com - Makan ikan memang sangat nikmat. Dagingnya yang lezat pasti menggugah selera siapa pun. Kelezatannya semakin lengkap lantaran daging ikan dikenal kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Siapa pun yang tidak doyan makan ikan, dipastikan rugi besar.

Namun saat menyantap ikan, kita harus berhati-hati. Pasalnya beberapa jenis ikan, seperti bandeng, mujair, dan lain-lain memiliki tulang atau duri yang cukup banyak. Jika tidak berhati-hati, dikhawatirkan duri ikan tertelan saat kita sedang asyik menyantapnya.

Tertelannya duri atau tulang ikan tidak bisa dianggap sepele dan harus segera ditangani. Pasalnya jika dibiarkan duri ikan yang tertelan bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, apa akibatnya jika tertelan duri ikan?

Duri ikan yang tertelan dipastikan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Meski sebenarnya duri ikan yang tertelan bisa hancur dengan sendirinya namun ada beberapa jenis ikan yang memiliki duri yang cukup kuat. Sehingga tidak mudah terlepas dari kerongkongan.  

Jika dibiarkan kerongkongan serasa tertusuk dan dalam jangka waktu lama akan menimbulkan luka. Dinding kerongkongan yang lunak akan mudah terluka akibat goresan apalagi tertusuk duri ikan. Akibat yang lebih fatal akibat tertusuk duri ikan adalah terjadinya abses retrofaringeal dan infeksi kuman. Abses retrofaringeal adalah suatu penimbunan nanah di dalam jaringan kerongkongan bagian belakang.

Abses retrofaringeal kerab ditandai dengan gejala berupa nyeri kerongkongan disertai demam tinggi. Selain itu muncul pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan kesulitan menelan. Saliva atau air liur terlihat banyak keluar dari mulut dan terkadang disertai gangguan pernafasan.

Jika sudah mengalami kondisi tersebut, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Itulah sebabnya segera lakukan tindakan pertolongan saat tertelan duri ikan. Hal ini penting untuk menghindari kondisi yang lebih fatal. Perlu diingat saat tertelan duri ikan, jangan sekali-kali berusaha mengeluarkannya menggunakan tangan.

Hal ini justru menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan. Terlebih jika tangan Anda dalam keadaan tidak bersih.
Jika tertelan duri ikan cobalah untuk batuk dengan kencang. Pertolongan pertama ini sebagai bentuk usaha mengeluarkan duri ikan dari dalam kerongkongan.  

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X