• Jumat, 9 Desember 2022

Buah Sukun Bisa Cegah Kanker, Kolesterol, dan Obesitas, tapi Sebaiknya Tidak Digoreng

- Senin, 6 Juni 2022 | 15:00 WIB
Buah suku sebaiknya tidak digoreng
Buah suku sebaiknya tidak digoreng

Watyutink.com - Mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak mengetahui buah sukun. Buah ini lebih banyak dikenal saat sudah menjadi makanan seperti sukun goreng atau kripik sukun. Padahal buah ini tidak hanya bermanfaat untuk makanan ringan atau camilan. Terutama manfaat untuk kesehatan manusia.

Tahukan Anda, apa saja manfaat buah sukun bagi kesehatan?

Buah sukun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan lantaran mengandung berbagai nutrisi. Dalam 220 gram buah sukun terkandung energi sebesar 227 kalori, dan lemak 0,5 gram. Selain itu sukun juga mengandung 59,7 gram karbohidrat, 10,8 gram serat, dan 2,4 gram protein. Sukun juga memiliki kandungan vitamin C dan B serta mineral, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Dalam berat yang sama, buah yang bernama latin Artocarpus altilis ini mampu mencukupi kebutuhan 11 persen kebutuhan energi orang dewasa, satu persen kebutuhan lemak, 20 persen kebutuhan karbohidratm, dan 43 persen kebutuhan serat.

Itulah sebabnya dr. Mercola’s Food Facts mengatakan buah sukun dapat membuat seseorang kenyang lebih lama

Penelitian para ahli kesehatan juga menyatakan buah sukun dapat membantu menangkal  efek negatif dari radikal bebas. Pasalnya buah sukun mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Beberapa jenis buah sukun, terutama yang berwarna kuning atau oranye juga memiliki kandungan antioksidan xanthin dan lutein yang juga memiliki manfaat antioksidan.

Sedangkan kadungan serat dalam buah sukun diyakini dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu sukun bisa mencegah penyerapan kolesterol dalam pencernaann. Selain itu kandungan serat dalam sukun dapat menurunkan tekanan darah, melindungi usus dari kanker, dan mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

Buah sukun segar diketahui memiliki kandungan kalium, zat besi, dan berbagai mineral yang dapat menjaga denyut jantung dan tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain itu sukun juga bisa memiliki kandungan senyawa fitokimia yang dapat membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.

Buah sukun diketahui juga kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah sukun tak kalah besarnya dengan buah jeruk. Kandungan vitamin C ini membuat sukun dapat membantu menangkal tubuh dari serangan penyakit. Selain itu vitamin C dalam buah sukun juga turut membantu menangkal radikal bebas.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Terkini

X