• Jumat, 1 Juli 2022

Manfaat Makan Kulit Jeruk bagi Kesehatan, Cegah Kanker, Diabetes dan Penyakit Jantung

- Jumat, 17 Juni 2022 | 15:55 WIB
Kulit jeruk bisa cegah kanker, diabetes dan penyakit jantung (Pixabay)
Kulit jeruk bisa cegah kanker, diabetes dan penyakit jantung (Pixabay)


Watyutink.com – Kanker, diabetes dan penyakit jantung adalah gangguan kesehatan yang sangat ditakuti. Berbagai cara dilakukan agar terhindar dari ketiga penyakit tersebut.

Orang bahkan tak segan-segan mengeluarkan biaya mahal agar tidak terserang kanker, diabetes dan penyakit jantung. Orang rela membayar klub kebugaran atau membeli vitamin atau suplemen yang harganya tidak murah.

Padahal sejatinya penyakit tersebut bisa dihindari dengan mengonsumsi bahan-bahan murah. Selain itu bahan-bahan tersebut juga mudah didapat lantaran ada disekitar kita. Salah satu bahan alami yang berguna melindungi tubuh dari penyakit tersebut adalah kulit jeruk.

Bahan yang selama ini dianggap tak berguna ini ternyaat kaya akan manfaat. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisi yang  berguna untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit jeruk bagi kesehatan?

Kulit jeruk seperti juga buahnya kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dalam kulit jeruk lebih banyak daripada buahnya. Dalam sebuah jeruk, terdapat 71 miligram vitamin C. Sedangkan kulitnya mengandung 136 miligram vitamin C.

Itulah sebabnya kulit jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga fungsi jantung. Selain vitamin C, kulit jeruk kaya akan kandungan flavonoid, yakni hesperidin dan antiinflamasi. Kedua zat tersebut sangat baik untuk menjaga dan melindungi tubuh, terutama jantung dari penyakit kardiovaskuler. Terlebih kulit jeruk juga memiliki kandungan folat.Baca Juga: 3 Tips Aman Minum Kopi bagi Penderita Maag dan Asam Lambung

Sedangkan kandungan polymethoxylated flavones pada kulit jeruk berguna untuk menurunkan kolesterol. Manfaat yang diberikan kulit jeruk bahkan lebih baik dibanding obat kolesterol biasa. Sedangkan hesperadin mampu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini bisa dilihat setelah dua atau tiga minggal mengunsumsi kulit jeruk.

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk juga berfungsi sebagai antikanker. Flavonoid pada kulit jeruk bermanfaat menghalangi kinerja protein RLIP76, yang terkait dengan obesitas dan kanker. Penelitian yang dilakukan para ahli menujukkan saat protein RLIP76 dihilangkan, tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan kolesterol.

Kulit jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Pasalnya vitamin C dalam kulit jeruk berguna unutk memecah dahak dan membersihkan paru-paru. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Hal ini membantu melindungi paru-paru dari infeksi. Itulah sebabnya kulit jeruk mampu mengatasi flu dan demam.

Kulit jeruk sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya kulit jeruk rendah kandungan kalori sehingga bisa dikonsumsi tanpa khawatir berat badan naik. Selain itu kulit jeruk mampu mengendalikan atau mengontrol nafsu makan. Perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan keinginan untuk makan.Baca Juga: Tahu Gejrot, Kuliner Khas Cirebon yang Berguna untuk Kesehatan Jantung, Tulang, dan Ginjal

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X