• Jumat, 1 Juli 2022

Wasapadai Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Telur Asing, Bisa Picu Penyakit Jantung, Ginjal, dan Darah Tinggi

- Senin, 20 Juni 2022 | 15:00 WIB
Meski enak, telur asin sebaiknya tidak dimakan terlalu banyak
Meski enak, telur asin sebaiknya tidak dimakan terlalu banyak

Watyutink.com - Siapa yang tidak suka dengan telur asin? Sepertinya tidak ada orang yang tidak suka dengan makanan yang satu ini. Baik dijadikan lauk atau dinikmati begitu saja.

Tapi seperti makanan lainnya, tidak baik jika memakan telur asin dalam jumlah berlebihan.

Tahukah Anda, apa akibatnya jika memakan telur asin berlebihan?

Telur asin umumnya terbuat dari telur bebek yang diasinkan. Tujuannya selain meningkatkan cita rasa juga agar telur bisa bertahan lebih lama.

Dilihat dari sisi nutrisi, sebetulnya telur asin adalah makanan sehat. Sebab telur asing ternyata mengandung lemak, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin A. Namun telur asin juga mengandung natrium atau garam dan kolesterol yang tinggi. Hal inilah yang harus diwaspadai saat mengonsumsi makanan khas Kota Brebes, Jawa Tengah ini.

Beberapa risiko berbahaya akibat mengonsumsi telur asin berlebihan adalah meningkatkan beban kerja jantung. Pasalnya kadar garam yang tinggi dalam telur asin bisa mengakibatkan penimbunan cairan di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kerja jantung menjadi lebih berat.

Baca Juga: Cegah Darah Tinggi, Kurang Darah, Sakit Jantung dan Mata dengan Ikan Cue

Kandungan garam dalam telur asin juga dapat menyebabkan hipertensi yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan ginjal.

Selain itu mengkonsumsi telur asin berlebihan juga meningkatkan resiko kanker lambung. Hal ini karena konsumsi garam yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan Helicobacter pylori, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada lambung, serta meningkatkan risiko kanker lambung.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kenali Dampak Negatif Gaya Hidup Vegetarian

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:00 WIB
X