• Sabtu, 20 Agustus 2022

Sembuhkan Radang Amandel dan Nyeri Sendi dengan Daun Waru

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:00 WIB
Daun waru berguna obati radang amandel dan nyeri sendi
Daun waru berguna obati radang amandel dan nyeri sendi

Watyutink.com – Bumi Nusantara memang dikenal kaya akan aneka tanaman, termasuk tumbuhan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Salah satunya adalah pohon waru.

Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Dadap Laut ini diyakini kaya akan kandungan senyawa yang berguna mengobati beberapa jenis penyakit. Namun banyak orang yang kurang menyadarinya. Cara mengolahnya pun banyak yang tidak mengetahuinya.

Tahukah Anda, apa dan bagaimana manfaat daun waru untuk kesehatan?

Tanaman waru mempunyai nama latin Hibiscus Tiliaceus dan termasuk suku kapas-kapasan. Tanaman waru banyak ditanaman di pinggir jalan dan berfungsi sebagai tanaman peneduh. Pasalnya, meski bisa tumbuh mencapai tinggi 15 meter, akar tanaman waru tidak menyebabkan jalan dan bangunan rusak.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung, Otak, dan Saraf dengan Makan Ikan Lele

Para ahli menyakini tanaman waru, terutama bagian daunnya kaya akan kandungan fitokimia yang berguna untuk kesehatan manusia. Selain itu daun waru memiliki kandungan saponin, flavonoid, fenol, alkaloida, asam amino, karbohidrat, asam organik, asam lemak, saponin, sesquiterpen dan sesquiterpen quinon, steroid, triterpen.

Kandungan beragam senyawa kimia itulah yang membuat daun waru berguna bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Kandungan zat musilago berguna utnuk melapisi dinding saluran cerna. Selain itu zat musilago juga mampu melapisi tenggorokan sehingga tidak mudah luka dan mengalami radang. Daun waru juga mampu mengobati diare dan amandel bengkak.

Baca Juga: Santan Bahaya dan Sebabkan Kolesterol Naik, Fakta atau Mitos

Daun waru juga mampu meredakan gejala flu, seperti demam dan batuk. Selain itu daun waru juga bermanfaat mengatasi gangguan pernafasan yang disebabkan bakteri, seperti bronkitis dan pneumonia. Meminum air rebusan daun waru dipercaya melancarkan buang air kecil dan memberi efek diuretik. Sedangkan fungsi antiradan yang dimiliki daun waru membuatnya berguna menurunkan demam.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X