• Sabtu, 20 Agustus 2022

Cegah Hipertensi, Asma, Penyakit Jantung, dan Kanker dengan Buah Naga

- Minggu, 26 Juni 2022 | 15:00 WIB
Buah naga baik untuk jaga kesehatan  (Pixabay )
Buah naga baik untuk jaga kesehatan (Pixabay )

Watyutink.com - Buah naga tentu sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Meski bukan asli dari Nusantara, buah naga sudah banyak ditanam dan dibudidayakan di tanah air.

Buah dengan kulit berwarna merah ini banyak digemari orang. Pasalnya buah dengan daginh berwarna merah atau putih ini mempunyai rasa yang segar. Terlebih jika diolah menjadi es buah atau es campur. Dipastikan siapa pun akan tergoda mencicipinya.

Ternyata selain enak dan segar, buah naga juga sehat. Buah naga dikenal kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Itulah sebabnya mengonsumsi buah ini diyakini membawa dampak positif bagi tubuh manusia.

Tahukah Anda, apa khasiat dan manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita?

Buah naga adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Amerika Selatan dan Asia. Disebut buah naga karena kulitnya yang menyerupai sisik hewan naga. Buah yang juga bernama Pitaya ini ternyata kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Selain itu buah berwarna naga mengandung banyak kalori yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Sembuhkan Radang Amandel dan Nyeri Sendi dengan Daun Waru

Buah naga diyakini kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang dapat memicu kanker. Selain itu buah naga juga mengandung banyak vitamin C, fosfor, dan fosfolipid yang dapat membantu untuk mencegah penuaan dini.

Buah naga juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Itulah sebabnya buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Buah pitaya ini juga menjadi sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga kesehatan hati atau liver.

Baca Juga: Konsumsi Daun Meniran bisa Cegah Rematik, Hepatitis, Diabetes dan Batu Ginjal

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X