• Sabtu, 20 Agustus 2022

Buah Maja, Tanaman Bersejarah yang Bisa Obati Diare, Gula Darah dan Jantung Berdebar

- Selasa, 28 Juni 2022 | 14:30 WIB
Buah maja berguna untuk kesehatan  (Pixabay )
Buah maja berguna untuk kesehatan (Pixabay )

Watyutink.com - Selama ini kita mengenal buah Maja dari pelajaran sejarah. Konon Raden Wijaya saat hendak mendirikan kerajaan, menemukan buah maja dan ingin memakannya. Namun buah yang itu ternyata sangat pahit rasanya. Itulah sebabnya negara yang kelak didirikannya diberi nama Kerjaan Majapahit.

Namun siapa sangka ternyata buah maja bukan hanya terkenal dalam ilmu sejarah. Buah ini juga diakui oleh para ahli pengobatan herbal sebagai buah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah maja untuk kesehatan?

Maja adalah tumbuhan yang dapat hidup disegala kondisi alam, baik panas maupun dingin. Tanaman ini bahkan mampu beradaptasi pada suhu ekstrem yang sangat panas hingga 49 derajat celcius atau sangat dingin hingga -7 derajat celcius. Maja juga mampu hidup berbagai jenis lahan seperti tanah kering, basa, atau rawa.

Sebenarnya buah maja tidak berasa pahit. Sebaliknya buah ini justru rasanya manis dan aromanya harum. Buah yang memiliki nama latin Aegle Marmelos Correa ini masih bersaudara dengan buah jeruk. Kulitnya berwarna hijau dan isinya berwarna jingga atau kuning. Untuk menikmatinya, buah maja bisa makan secara langsung. Bisa juga diolah menjadi sirup, serbat, atau selai.

Selain rasanya yang manis buah maja juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, riboflavin, niasin, thiamin, karoten, lemak, protein, karbohidrat, alkaloida, steroid, kumarin, minyak alami, limonene, dan marmelosina.

Itulah sebabnya buah maja kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan disentri. Penyakit diare jika dibiarkan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dalam kondisi yang lebih parah diare bisa mengakibatkan kematian Sedangkan disentri dapat menyebabkan gangguan pada fungsi usus hingga menyebabkan mual, muntah, dan kram perut.

Mengkonsumsi buah maja diyakini bisa membantu meredakan kedua penyakit tersebut. Caranya bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

Buah maja ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Kandungan antibiotik dalam buah maja dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. Bukan hanya buahnya, daun dan akarnya pun memiliki khasiat yang sama.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X