• Sabtu, 20 Agustus 2022

Harmoniskan Hubungan Suami Istri dan Cegah Stres dengan Tahan Napas 10 Detik

- Kamis, 30 Juni 2022 | 15:00 WIB
Menahan napas selama 10 detik berguna untuk kesehatan
Menahan napas selama 10 detik berguna untuk kesehatan

Watyutink.com - Saat berada di pedesaan, pegunungan, rerimbunan hutan atau daerah berhawa sejuk lainnya, orang biasanya akan berusaha menarik napas dalam-dalam. Selanjutnya mereka menahan napas beberapa saat dan membiarkan udara sejuk masuk dan mengisi paru-paru. Kegiatan tersebut diakhiri dengan menghembuskan napas baik melalui hidung atau mulut.

Menarik napas dalam dan menahannya beberapa saat terasa sangat nikmat. Terlebih udara sejuk pengunungan akan menjadikan tubuh, terutama organ pernapasan menjadi nyaman. Paru-paru terasa lebih segar dan bersih.

Ternyata kebiasaan menarik napas dalam dan menahannya sebentar tidak hanya bisa dilakukan di pegunungan atau pedesaan. Kegiatan itu juga baik dilakukan setiap hari di rumah. Pasalnya kebiasaan menarik napas dalam ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa manfaat menarik napas dalam bagi kesehatan?

Menarik napas dalam selama ini memang dikenal sebagai salah satu teknik dalam olah raga pernapasan. Cara ini diyakini membawa pengaruh baik bagi tubuh. Pasalnya menarik napas dalam selama beberapa detik akan membantu tubuh memperbanyak asupan oksigen.

Sebaliknya kekurangan oksigen bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Ketika asupan oksigen dalam tubuh berkurang, otot-otot sekitar tulang rusuk akan kehilangan elastisitas dan menjadi lemah. Jika hal ini terjadi, aliran oksigen ke selruh tubuh melalui darah juga akan mengalami gangguan. Padahal lancar atau tidaknya aliran oksigen sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Itulah sebabnya kita dianjurkan sering-sering melakukan teknik pernapasan atau menarik napas dalam. Selain itu disarankan pula menahan napas sejenak, setidaknya 10 hingga 30 detik. Setelah itu barulah dikeluarkan melalui mulut. Lakukan kebiasaan itu setidaknya selama 5 hingga 10 menit setiap hari.

Kebiasaan menarik napas dalam dan menahannya sejenak ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan fungsi organ paru-paru.

Menarik napas pendek diketahui tidak mampu menyediakan oksigen yang cukup dalam darah. Akibatnya ketersediaan oksigen untuk jaringan dan organ tubuh menjadi kurang. Menarik napas pendek dan dangkal juga menjadikan paru-paru tidak mengemang secara sempurna. Sehingga transfer oksigen ke dalam darah menjadi tidak maksimal.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X