• Sabtu, 20 Agustus 2022

Sembuhkan Cegukan dengan Peluk Lutut dan Kantong Kertas

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 14:30 WIB
Ilustrasi cegukan (unair.ac.id)
Ilustrasi cegukan (unair.ac.id)

Watyutink.com - Anda pasti pernah mengalami cegukan. Meski tidak berbahaya tapi cegukan akan terasa sangat menganggu, terlebih saat setelah makan bersama kolega atau teman. Suara yang muncul dari cegukan dapat merusak suasana dan selera makan.

Tahukah Anda apa penyebab kita bisa mengalami cegukan dan bagaimana mengatasinya?

Cegukan adalah suara yang muncul akibat adanya penegangan diafragma atau kontraksi. Diafragma adalah dinding otot yang memisahkan antara perut dengan dada. Fungsinya untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Kontraksi otot diafragma menyebabkan udara dari luar masuk ke paru-paru dengan cepat. Akibatnya, katup epiglotis harus segera menutup supaya makanan, minuman, atau air liur tidak ikut terisap ke paru-paru. Penutupan katup epiglotis yang mendadak inilah yang menimbulkan suara ‘hik’ saat cegukan.

Penyebab cegukan bisa bermacam-macam,  salah satunya akibat makan yang terlalu banyak dan terburu-buru. Makan berlebihan menyebabkan perut cepat membesar dan mendorong diafragma untuk berkontraksi. Hal inilah yang memicu keluarnya suara ‘hik’. Sedangkan makan dengan terburu-buru membuat udara ikut masuk dalam tenggorokan saat menelan.

Pada saat bersamaan, diafragma berkontraksi secara berlebihan dan epiglotis menutup dengan cepat agar tidak ada makanan yang masuk ke tenggorokan. Hingga akhirnya menyebabkan cegukan.

Beberapa jenis makanan juga bisa memicu cegukan, seperti makanan kering yang cenderung lebih sulit dikunyah atau ditelan. Jenis makanan ini rentan melukai dan mengiritasi lapisan kerongkongan. Sejumlah saraf yang ada di kerongkongan akan terangsang dan memicu kontraksi diafragma dan menyebabkan cegukan.

Efek serupa juga bisa muncul saat mengkonsumsi makanan panas, pedas atau bersoda. Gelembung udara dari minuman akan memenuhi rongga perut dan merangsang kontraksi diafragma, penyebab cegukan.

Selain makanan, suhu udara juga bisa menyebabkan cegukan. Suhu yang naik turun secara mendadak bisa merangsang saraf kerongkongan dan menyebabkan kontraksi diafragma secara berlebihan dan memicu cegukan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X