• Sabtu, 20 Agustus 2022

Belimbing Wuluh, Tidak Hanya Sedapkan Masakan juga Baik untuk Kesehatan

- Minggu, 3 Juli 2022 | 08:00 WIB
Belimbing Wuluh/ Net
Belimbing Wuluh/ Net

Watyutink.com - Belimbing Wuluh, siapa yang tidak mengenalnya, salah satu tanaman yang sering digunakan untuk bahan masakan. Asam rasannya namun segar, sangat cocok untuk bahan membuat sayur asem, aneka sup, dan beberapa menu masakan lainnya.

Ternyata bukan hanya cocok untuk bahan masakan, belimbing wuluh juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Karena itulah tanaman ini sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan pembuat ramuan herbal yang dipercaya mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan?

Belimbing wuluh, dengani nama latin Averrhoa bilimb, termasuk dalam genus Averrhoa dan famili Oxalidaceae yang masih bersaudara dengan belimbing atau stafruit. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Belimbing wuluh diketahui memiliki kandungan zat gizi seperti protein, serat, dan mineral. Sedangkan kandungan vitamin yang terdapat dalam buah sebesar ibu jari orang dewasa ini antara lain vitamin A, C, dan B Kompleks. Sedangkan kandungan mineral pada belimbing wuluh antara lain fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung antioksidan dan astringen.

Kadungan mineral dan vitamin tersebut membuat belimbing wuluh ampuh mengobati berbagai penyakit, salah satunya membantu meredakan batuk dan pilek. Ekstrak belimbing wuluh bisa ditambahkan ke obat batuk atau pilek yang akan kita minum. Rasa asam dari belimbing wuluh dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek lebih cepat.   

Kadungan vitamin C dalam belimbing  wuluh juga menyebabkan buah ini baik untuk meredakan demam dan flu. Pasalnya vitamin C dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda terserang demam atau flu, rebuslah buah belimbing wuluh. Minum secara rutin air rebusan tersebut hingga demam atau flu mereda.

Belimbing wuluh juga dapat mengatasi alergi atau hipersensitiv. Biasanya alergi disebabkan oleh makanan, obat, udara, debu dan sebagainya. Seseorang bisa terkena alergi karena ada masalah pada sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda terkena alergi, cobalah mengosumsi ramuan belimbing wuluh. Caranya sangat mudah, dengan mengolah belimbing wuluh menjadi jus. Minumlah jus belimbing wuluh dengan teratur hingga alergi Anda berkurang dan sembuh.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X