• Sabtu, 20 Agustus 2022

Segudang Manfaat Daun Kenikir, Atasi Maag, Sehatkan Tulang dan Jantung, serta Tangkal Kanker

- Selasa, 5 Juli 2022 | 07:00 WIB
Lalapan Daun Kenikir/ Net
Lalapan Daun Kenikir/ Net

Watyutink.com – Kenikir adalah tanaman liar yang bisa tumbuh di mana saja. Kebanyakan orang lebih mengenalnya sebagai tanaman pagar karena sering tumbuh mengitari pekarangn rumah. Selain itu daun kenikir ini sering dikonsumsi sebagai lalapan.

Tahukah Anda, ternyata kenikir mengandung vitamin dan nutrisi yang banyak manfaatnya bagi kesehatan?

Kenikir, dengan naman latin Cosmos Causdatur adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Konon tanaman ini masuk ke Asia tenggara dan Nusantara dibawa para penjelajah. Di beberapa tempat, kenikir dikenal dengan nama Ulam Raja.  

Menurut para ahli, nutrisi daun kenikir sangat bermanfaat bagi Kesehatan karena mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, flavonoid, tokoferol, polifenol, saponin, terpenoid, kuersetin, dan alkohol koniferil. Kenikir juga mengandung vitamin A, C, E, protein, asam askorbat dan asam klorogenik.

Kandungan tokoferol di dalam daun kenikir mampu menetralkan asam lambung, sehingga bisa mengatasi sakit maag. Tokoferol juga bisa menguatkan otot sfingter yang ada di perut. Untuk mengkonsumsinya cukup rebus daun kenikir dengan sedikit garam, lalu biarkan hingga dingin, kemudian baru air rebusan ini diminum. Sakit maaf akan segera teratasi.

Daun kenikir juga dipercaya bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam daun kenikir bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, zat gizi makro protein dalam daun kenikir juga bisa melindungi tubuh dari serangan kuman penyakit. Pasalnya protein bisa membentuk fagosit yang bisa melawan bakteri dan virus.

Sedangkan kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid dalam daun kenikir diketahui memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat melawan kanker. Itulah sebabnya mengkonsumsi daun kenikir bisa membantu menangkal berbagai jenis kanker, kanker perut, hati, payudara, lambung, dan sebagainya. Namun saat mengkonsumsi daun kenikir disarankan diimbangi dengan banyak minum air putih.

Kenikir juga bisa membantu menyehatkan jantung. Kandungan flavonoid yang dimiliki daun kenikir dipercaya bisa menguatkan otot jantung. Jika otot jantung kuat maka sirkulasi darah menjadi lancar.  

Daun kenikir juga bisa menguatkan kerangka tulang. Pasalnya kenikir mengandung zat kalsium dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Rutin minum air rebusan daun kenikir ditambah madu bisa memberikan manfaat bagi tulang, sama fungsinya dengan minum susu.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB
X