• Senin, 15 Agustus 2022

Cegah Penyakit Jantung, Diabetes, Osteoporosis dan Sembelit dengan Sayur Buncis

- Selasa, 5 Juli 2022 | 15:00 WIB
Sayur buncis berguna bagi kesehatan  (watyutink.com/yusuf rinaldy )
Sayur buncis berguna bagi kesehatan (watyutink.com/yusuf rinaldy )

Watyutink.com - Bagi sebagian besar masyarakat, sayur buncis tentu sudah tidak asing lagi. Selain harganya yang relatif murah, sayuran ini juga mudah diperoleh. Hampir semua pedagang sayur pasti menjualnya.

Sayuran yang mirip kacang panjang ini biasanya diolah dengan dijadikan campuran sup atau ditumis. Kadang buncis juga bisa dinikmati dengan cara direbus atau dikukus.

Selain rasanya yang enak, ternyata buncis juga banyak mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja kandungan gizi dalam buncis dan apa saja manfaatnya?

Buncis memang dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin, seperti vitamin C, K, dan A. Sedangkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam buncis adalah karbohidrat, protein, folat, kalsium, mangan, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Selain itu buncis juga kaya akan serat.

Penelitian yang dilakukan para ahli menyatakan bahwa dalam 100 gram buncis terdapat terdapat kandungan nutrisi berupa 35 kalori, 3 gram serat, 2 gram protein, 5 miligram karbohidrat, 12 miligram vitamin C, 43 mikrogram vitamin K, 33 mikrogram folat dan 690 IU vitamin A.

Itulah sebabnya buncis dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat menyehatkan jantung.

Kandungan serat dan antioksidan dalam buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat, seperti buncis dan kacang-kacangan memiliki risiko yang kebih rendah terserang penyakit jantung.

Selain itu buncis juga dapat menyehatkan sistem pencernaan. Pasalnya buncis banyak mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang dapat merangsang pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X