• Jumat, 9 Desember 2022

Sama-sama Tinggi Kandungan Gizinya, Mana yang Lebih Sehat, Daging Kambing atau Sapi

- Senin, 11 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi daging kambing dan sapi (YouTube Delemon Tube)
Ilustrasi daging kambing dan sapi (YouTube Delemon Tube)

Watyutink.com - Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, penyembelihan hewan kurban menjadi kegiatan rutin setiap merayakan Hari Raya Idul Adha. Meski jenis ternak yang boleh dijadikan hewan kurban ada beberapa jenis tapi yang lazim di Indonesia adalau sapi dan kambing. Hal ini berbeda dengan negara Timur Tengah yang juga menjadikan unta sebagai hewan kurban.

Selain di momen Hari Raya Idul Adha sejatinya daging kambing dan sapi sudah sering disajikan, baik untuk makanan sehari-hari maupun sebagai sajian saat acara-acara tertentu. Meski demikian masih banyak orang yang ‘takut’ mengkonsumsi kedua jenis bahan makanan tersebut.

Beragam alasan dikemukakan, namun sebagian besar adalah alasan kesehatan. Baik daging sapi maupun kambing dianggap mengandung zat yang ‘berbahaya’ bagi kesehatan.

Tahukah Anda, mana mana yang lebih sehat, daging sapi atau kambing?

Daging sapi dan kambing, keduanya merupakan bahan makanan yang mengandung protein hewani. Kedua daging tersebut juga memilki tampilan yang sama seperti yang dimiliki umumnya jenis daging merah.

Hal yang membedakan keduanya adalah tekstur daging sapi yang lebih lembut daripada daging kambing. Selain itu kandungan gizi keduanya pun berbeda.

US Departement of Agriculture menyebutkan, daging sapi dan kambing sama-sama memiliki kandungan vitamin dan mineral yang padat. Daging sapi dan kambing, sama-sama merupakan makanan berprotein hewani tinggi, sehingga tidak heran jika keduanya memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin dan mineral, seperti kalsium, zink, fosfor dan vitamin B kompleks. Selain itu keduanya memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Dalam hal kandungan gizi, kedua bahan makanan ini cukup berimbang. Dalam 100 gram daging kambing, terdapat 143 kalori, 27 gram protein dan 3 gram lemak. Sedangkan 100 gram daging sapi, terdapat 250 kalori, 26 gram protein dan 15 gram lemak.

Secara umum, kalori yang terdapat pada daging dan lemak sapi memang lebih tinggi dari daging kambing. Namun hal juga tergantung dari cara penyajiannya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X