• Senin, 15 Agustus 2022

Cegah Serangan Jantung dan Anemia dengan Kacang Tolo

- Selasa, 12 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Kacang Tolo
Ilustrasi Kacang Tolo

Watyutink.com – Manfaat kacang-kacangan sebagai sumber nutrisi bagi tubuh sudah banyak dikenal. Salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi adalah kacang tolo. Namun kepopuleran kacang tolo kalah dengan jenis kagcang lainnya, seperti kacang tanah, kacang merah, atau kedelai.

Kacang tolo selama ini sering digunakan sebagai bahan masakan, seperti sambal krecek, gulai, atau sebagai camilan bersama ketan dan parutan kelapa. Di Kota Jember, Jawa Timur terdapat makanan khas bernama Ketan Cethol dengan bahan dasar ketan dan kacang tolo.

Para ahli kesehatan menyakini kacang tolo mempunya beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat kacang tolo bagi kesehatan?

Kacang tolo dikenal dengan berbagai nama sesuai dengan daerahnya di seluruh Indonesia, seperti kacang tunggak, dadap, dan kacang kebo. Sebenarnya kacang ini juga banyak negara Asia dengan nama cowpea.

Kacang tolo mempunyai beragam kandungan nutrisi seperti protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan. Dalam 100 gram kacang tolo terdapat 24,4 gram protein. Jumlah itu bisa mencukupi kebutuhan sekitar 40 persen kebutuhan protein manusia. Protein bermanfaat untuk pembentukan otot dan jaringan kulit, rambut, serta kuku.

Kacang tolo juga memiliki kandungan zink yang berguna menjaga system kekebalan tubuh atau sistem imun. Zink juga bermanfaat menjaga kesuburan, khsusunya bagi pria. Pasalnya zink bias mempebaiki kualitas sperma. Dalam 100 gram kacang tolo terdapat 6,1 gram zink. Jumlah itu bisa memenuhi 50 persen kebutuhan zink harian manusia.

Kacang tolo juga kaya akan kandungan kalsium. Dalam 100 gram kacang tolo terdapat 481 miligram kalsium dan mampu memenuhi 50 persen kebutuhan harian manusia. Kalsium adalah nutrisi yang berguna menjaga kesehatan tulang dan giti. Selain itu kalsium juga dibutuhkan untuk kesehatan jantung, otot, dan saraf.

Kacang tolo juga kaya akan kadungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi kacang tolo dalam mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Selain itu kacang tolo juga bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah. Itulah sebabnya kacang tolo bisa mengurangi risiko serangan jantung.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X