• Selasa, 9 Agustus 2022

Mengenal Aneka Jenis Teh dan Khasiatnya untuk Kesehatan

- Rabu, 13 Juli 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi aneka jenis teh (tehsariwangi.com)
Ilustrasi aneka jenis teh (tehsariwangi.com)

Watyutink.com - Saat ini minum teh sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Kebiasaan ini kerap dilakukan pada pagi atau sore hari. Meski demikian kebanyakan orang tidak memperdulikan apa jenis teh yang dikonsumsi. Padahal ada banyak beragam jenis teh. Khasiat dari tiap-tiap teh itu pun beragam. Orang hanya tahu teh mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Terlebih minum teh saat masih hangat terasa sangat nikmat.

Tahukah Anda, apa saja jenis-jenis teh dan apa pula khasiatnya?

Khasiat teh untuk kesehatan sudah banyak dikenal. Pasalnya daun teh yang berasal dari tanaman camellia sinensis memiliki kandungan zat antioksidan dan kafein yang baik untuk tubuh. Ada beberapa jenis teh yang dikenal orang. Sebenarnya beberapa jenis teh tersebut memiliki kandungan yang hampir sama. Manfaat yang diperoleh dari minum teh tersebut juga sama.

Perbedaan dari beberapa jenis teh hanya terjadi akibat perbedaan proses pembuatannya. Salah satunya adalah teh hitam yang terbuat dari daun yang telah dioksidasi sempurna. Oksidasi adalah proses yang melibatkan interaksi oksigen dengan permukaan daun teh hingga menghasilkan komponen aktif yang bermanfaat bagi tubuh.

Teh hitam diketahui memiliki kadar kafein yang sangat tinggi. Bahkan kadar kafein dalam teh hitam setara dengan kafein dalam kopi. Itulah sebabnya fungsi kopi dalam menstimulasi otak dan tubuh bisa digantikan dengan teh hitam.

Teh hitam juga baik untuk kesehatan gigi. Pasalnya teh hitam mengandung floride yang dapat melindungi gigi dari penyakit karies, penyebab gigi berlubang. Sedangkan kandungan antioksidan dalam teh hitam bisa menghidarkan tubuh dari serangan jantung, aterosklerosis, batu ginjal, kanker ovarium, dan penyakit parkinson.

Teh hitam juga bisa menurunkan kadar kolesterol serta membantu meningkatkan kadar energi. Hal ini juga dapat mengurangi risiko serangan stroke. Teh hitam juga dapat mencegah paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok dan polusi udara.

Jenis teh kedua yang banyak dikenal adalah teh hijau. Teh jenis ini dibuat hanya menggunakan satu kali penyaringan. Itulah sebabnya teh hijau sangat kaya kandungan antioksidan yang dapat mencegah infeksi kandung kemih. Selain itu teh hijau dapat membantu mencegah terjangkit penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker paru.

Teh hijau juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Senyawa polifenol dalam teh hijau dapat menghambat penyerapan kolesterol oleh usus halus. Disaat bersamaan polifenol juga membuang kelebihan kolesterol dari tubuh.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X