• Selasa, 16 Agustus 2022

Tak Selamanya Berbahaya, Jeroan Ayam Ternyata juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

- Senin, 18 Juli 2022 | 15:55 WIB
Jeroan ayam juga bermanfaat bagi kesehatan
Jeroan ayam juga bermanfaat bagi kesehatan

Watyutink.com - Penggemar kuliner pasti sudah mengenal jeroan ayam. Bahan pangan diambil dari bagian dalam ayam. Itulah sebabnya dinamakan 'jeroan' yang artinya bagian dalam.

Jeroan ayam sudah banyak digunakan sebagai bahan masakan. Organ pencernaan ayam ini dikenal lezat untuk campuran soto atau menu lainnya. Begitu populernya jeroan hingga setiap daerah di Indonesia memiliki menu masakan tradisional berbahan jeroan.

Namun banyak orang justru menghindari memakan jeroan ayam. Pasalnya jeroan sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan. Bahkan banyak yang mengatakan jeroan ayam berbahaya bagi kesehatan. Pendapat itu sebetulnya tidak salah meskipun tidak sepenuhnya benar.

Jika melihat kandungan nutrisi dalam jeroan ayam, ternyata terdapat beragam manfaat. Meskipun tidak bisa dipungkiri mengonsumsi jeroan ayam juga mengundang beberapa gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat dan bahaya akibat makan jeroan ayam?

Jeroan ayam yang lazim dikonsumsi antara lain, ati, ampela, usus, ginjal dan sebagainya. Selain untuk campuran masakan, jeroan juga sering dimakan dengan cara digoreng. Lalapan dan sambal menjadi pendamping yang paling cocok dengan ati dan ampela ayam.

Para ahli gizi menyebutkan jeroan ayam seperti hati atau ati dan ampela mengandung banyak nutrisi, salah satunya protein. Harvard School of Public Health, Amerika Serikat menyebut satu porsi atau sebanyak 3,5 ons jeroan ayam mengandung sekitar 30,9 gram protein. Hal ini membuat jeroan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Protein diketahui adalah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan sel-sel yang membentuk otot dan jaringan tubuh.

Jeroan ayam juga kaya akan kandungan zat besi dan seng. Dalam satu porsi jeroan ayam terdapat 3,19 miligram zat besi dan 4,42 miligram seng. Kedua mineral tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sisitem kekebalan tubuh. Itulah sebabnya mengonsumsi jeroan dapat menghindarkan tubuh dari serangan penyakit. Selain itu jeroan ayam juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Selain protein dan mineral, jeroan ayam juga banyak mengandung vitamin A dan B12. Satu porsi jeroan ayam mengandung 1,04 mikrogram vitamin A dan 2,4 mikrogram vitamin B12. Vitamin A berperan tinggi pada proses pembentukan dan pengendalian sel darah putih yang penting untuk sisitem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin B12 penting untuk perkembangan sel darah merah yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X