• Selasa, 9 Agustus 2022

Lindungi Tubuh dari Katarak, Diabetes dan Kanker dengan Daun Talas

- Selasa, 19 Juli 2022 | 16:15 WIB
Daun talas bisa mencegah tubuh terserang kanker dan diabetes
Daun talas bisa mencegah tubuh terserang kanker dan diabetes

Watyutink.com - Tanaman talas sudah banyak dikenal orang. Selain menjadi bahan pangan pengganti nasi, talas juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tanaman umbi-umbian ini berguna menjaga kesehatan organ pencernaan dan jantung. 

Selain itu talas juga bermanfaat mengontrol kadar gula darah. Itulah sebabnya mengonsumsi talas sangat baik bagi penderita diabetes atau kencing manis. 

Ternyata manfaat bagi kesehatan tidak hanya dimiliki umbi talas. Daun talas pun memiliki banyak kegunaan. Daun talas diyakini mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun talas untuk kesehatan?

Talas adalah tanaman tropis yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman dengan nama latin colocasia esculenta ini lebih banyak dimanfaatkan umbinya sebagai salah satu bahan makanan. Fungsi talas sebagai makan pokok disejajarkan dengan singkong, ubi dan makanan umbi lainnya.

Ternyata bukan hanya umbinya yang bisa dimakan, daunnya pun bisa dikonsumsi dan dimasak. Pasalnya daun talas dikenal memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram daun berbentuk hati berwarna hijau ini terkandung 85,66 gram air dan 42 kilokalori energi.

Daun talas juga mengandung protein, total lipid atau lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium dan nutrisi lainnya. Itulah sebabnya daun talas diyakini dapat membantu mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.  Pasalnya daun talas mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam air.

Vitamin C juga memiliki efek antikanker yang bisa menghambat pertumbuhan sel tumor atau kanker payudara dan usus besar. Penelitian menunjukkan proliferasi sel kanker bisa turun dengan rutin mengonsumsi daun talas.

Daun talas juga kaya aka kandungan vitamin A. Itulah sebabnya daun talas sangat tepat digunakan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan organ penglihatan. Selain itu daun talas juga bisa mencegah katarak dan penyakit degenerasi makula akibat pertambahan usia.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X