• Selasa, 16 Agustus 2022

Mengapa Sebaiknya Jangan Merokok dan Minum Teh Setelah Makan, Simak Penjelasannya

- Kamis, 21 Juli 2022 | 15:00 WIB
Teh dan rokok sebaiknya jangan langsung dinikmati setelah makan  (komunitaskretek.com)
Teh dan rokok sebaiknya jangan langsung dinikmati setelah makan (komunitaskretek.com)

Watyutink.com - Minum segelas teh hangat setelah makan adalah sesuatu yang lumrah. Bahkan sebagian orang menjadikannya sebagai kebiasaan. Selain itu merokok juga menjadi kegiatan yang biasa dilakukan setelah makan.

Padahal minum teh hangat dan merokok sebenarnya adalah kegiatan 'terlarang' dilakukan setelah makan. Para ahli menyebut kegiatan tersebut berbahaya. Selain minum teh dan merokok ada pula beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

Tahukah Anda, apa saja kegiatan yang harus dihindari setelah makan?

Laman Bright Side, menyebut ada lima kegiatan yang tak boleh dilakukan setelah makan. Salah satunya adalah mandi. Saat mandi, suhu tubuh kita menjadi naik. Tubuh pun mengirim  darah yang lebih banyak ke kulit dibanding biasanya.

Jika mandi dilakukan setelah makan maka dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Sebaiknya tunggu hingga setidaknya 30 menit setelah makan.

Banyak orang menganggap minum teh hangat setelah makan dapat menambah kenikmatan. Padahal sebenarnya hal ini sangat tidak disarankan.

Beberapa studi menunjukkan minum teh setelah makan dapat mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Padahal zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang kekurangan zat besi disarankan menghindari minum teh sesudah makan, paling tidak hingga satu jam sesudahnya. Sebaiknya minum air putih setelah makan. Selain menyegarkan, air putih juga lebih menyehatkan.

Setelah makan kita juga dianjurkan tidak langsung tidur. Sebabnya tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa dan asam lambung naik.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X