• Selasa, 9 Agustus 2022

Cegah Diabetes, Hipertensi, Asam Lambung dan Pikun dengan Lada Hitam

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Lada hitam berguna untuk jaga kesehatan tubuh (pexels)
Lada hitam berguna untuk jaga kesehatan tubuh (pexels)

Watyutink.com - Selama ini kita mengenal lada hitam sebagai rempah-rampah yang mempunyai rasa pedas. Itulah sebabnya untuk memunculkan rasa pedas pada masakan, lada hitam digunakan sebagai pengganti cabai. Namun ternyata dibalik rasa pedas yang dimilikinya, lada hitam juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat lada hitam untuk kesehatan?

Selain sebagai bumbu masak, lada hitam juga bisa digunakan sebagai obat atau bahan untuk menjaga kesehatan. Hal ini tak lepas dari kandungan mineral dan vitamin yang dikandungnya, seperti Vitamin A, C, E, K, dan B6. Sedangkan mineral yang dikandung lada hitam adalah Riboflavin, Thiamin, Niasin, natrium, kalium, folat, kolin, dan betain.

Lada hitam juga kaya protein. Hasil penelitian menunjukkan dalam 100 gram lada hitam terkandung 10,95 miligram protein.

Itulah sebabnya lada hitam bermanfaat dalam menjaga kesehatan manusia, salah satunya untuk melancarkan sistem pencernaan. Lada hitam diketahui mengandung zat yang bernama piperine yang memproduksi asam hidroklorik. Zat ini bermanfaat untuk memecah sekaligus menyerap nutrisi. Akibatnya saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan menghindarkan tubuh dari gejala seperti sembelit atau perut kembung.

Jika sistem pencernaan terjaga dengan baik,maka berat badan akan terkontrol dan organ tubuh lainnya akan berfungsi dengan lebih baik.

Lada hitam juga bisa mengatasi penyakit tukak lambung yang muncul akibat luka pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam lada hitam diyakini mampu mengatasi penyakit ini.

Selain itu, lada hitam membantu memperkuat pertahanan mukosa dan juga ditemukan untuk melawan masalah yang timbul karena etanol.

Lada hitam juga dipercaya bisa mencegah kanker. Kandungan flavonoid dan karoten dalam lada hitam dapat membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Manfaat yang sama juga dimiliki oleh zat piperine dan polifenol yang terkandungan dalam lada hitam. Sedangkan kandungan antioksidan dalam lada hitam mampu menangkal efek negatif dari radikal bebas. Rutin mengonsumsi lada hitam diyakini dapat menghindarkan tubuh dari kanker payudara, kulit, hingga usus besar.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Kulit Pisang

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00 WIB

5 Agustus, Hari Lampu Lalu Lintas Internasional

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Tips Aman Makan Daging Kambing Saat Idul Adha

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00 WIB
X