• Minggu, 25 September 2022

Sehatkan Pencernaan, Turunkan Kolesterol dan Gula Darah dengan Biji Nangka

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Biji nangka berguna untuk kesehatan  (alodokter.com)
Biji nangka berguna untuk kesehatan (alodokter.com)

Watyutink.com – Salah satu buah yang banyak digemari adalah nangka. Buah berwarna kuning bearoma wangi ini juga mudah ditemui. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Rasanya yang manis membuat hampir semua orang tertarik mencicipi buah nangka. Meski memiliki getah yang lengket, nangka sangat disukai, baik dimakan langsung maupun dijadikan campuran kue, es buah, dan sebagainya. Selain lezat dan segar, buah nangka juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Ternyata manfaat bagi kesehatan bukan hanya bisa diperoleh dari daging buah nangka. Biji buah nangka ternyata juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji buah nangka bagi kesehatan?

Biji nangka diketahui mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak, antara lain pati, protein, vitamin, mineral dan antioksidan yang cukup tinggi. Satu porsi atau setara dengan 28 gram biji nangka diketahui mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, riboflavin, tiamin, magnesium dan fosfor.

Selain itu, biji nangka atau yang orang Jawa menyebutnya beton ini juga mengandung serat dan pati resisten. Kedua nutrisi tersebut diketahui dapat melewati tubuh tanpa dicerna. Serat dan pati resisten bertindak sebagai makanan bagi bakteri usus. Manfaat lain dari serat dan pati resisten juga dapat mengontrol rasa lapar, menurunkan kadar gula darah, dan sensitivitas insulin.

Dalam pengobatan tradisional, biji nangka dikenal sebagai afrodisiak yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Penelitian modern menemukan bahwa biji nangka juga sifat manfaat lainnya, antara lain memiliki efek antimikroba.

Itulah sebabnya biji nangka bisa digunakan untuk meredakan diare. Hal ini lantaran biji nangka memiliki efek antibakteri. Permukaan biji nangka diketahui ditutupi partikel-partikel kecil, yang bertindak sebagai antibakteri.
Saat melewati saluran pencernaan, serat dalam dalam biji nangka dapat membantu menormalkan gerakan usus.

Sehingga gerakan usus menjadi lebih lembut dan meningkatkan frekuensi buang air besar. Terlebih serat memiliki sifat sebagai prebiotik, yang dapat membantu memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus. Bakteri usus akan membuat pencernaan sehat dan fungsi kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X