• Minggu, 2 Oktober 2022

Jangan Terburu-buru Operasi jika Terserang Radang Amandel, Atasi dengan Jahe, Temulawak, dan Lengkuas

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Jahe, lengkus, dan temulawak, ramuan herbal untuk mengatasi radang amandel
Jahe, lengkus, dan temulawak, ramuan herbal untuk mengatasi radang amandel

 

Watyutink.com - Radang amandel adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami orang. Penyakit yang menyerang tenggorokan ini bisa dialami siapa pun, anak-anak atau dewasa.

Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, radang amandel bisa menjadi penyakit yang lebih fatal, seperti gangguan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) jika tidak segera diatasi. Itu sebabnya penderita selalu ingin segera sembuh dari penyakit radang amandal.

Seringkali saat terserang radang amandel, orang berusaha menyembuhkannya dengan melakukan operasi. Padahal sebenarnya, radang amandel bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ramuan herbal atau obat tradisional.

Tahukah Anda, apa ramuan herbal yang bisa sembuhkan radang amandel?

Radang amandel adalah gangguan kesehatan saat organ tubuh amandel atau tonsil mengalami peradangan atau inflamasi. Meski umumnya menyerang anak-anak berusia tiga hingga tujuh tahun, tapi tidak menutup kemungkinan penyakit yang juga bernama tonsilitis ini terjadi pada orang dewasa. 

Amandel adalah organ tubuh yang berupa dua kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, khusunya anak-anak. Saat sudah beranjak dewasa fungsi amandel akan digantikan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang semakin menguat. Saat itulah amandel perlahan akan menyusut.

Radang amandel seringkali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gangguan kesehatan ini kerap ditandai dengan gejala seperti, suara serak, bau mulut, batuk, demam dan sakil kepala. Radang amandel bisa dikatakan akut atau parah jika gejala tersebut berlangsung selama lebih dari dua pekan. Sedangkan jika masih kurang dari dua pekan, radang amandel bisa dikatagorikan kronis.

Saat mengalami radang amandel, anak-anak akan jadi susah makan dan rewel. Itulah sebabnya orang tua sering mengambil jalan pintas agar radang amandel sembuh, yakni dengan operasi. Padahal sebenarnya operasi amandel justru memunculkan risiko gangguan kesehatan yang lain.

Riset yang dilakukan University of Melbourne, Australia menunjukkan anak berusia kurang dari 10 tahun yang melakukan operasi amandel, saat dewasa kelak akan berisiko mengalami infeksi tenggorokan, hidung, dan sinusitus saat sudah dewasa.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X