• Minggu, 2 Oktober 2022

Cegah Rambut Rontok dan Botak dengan Kelapa Muda, Pisang, dan Kurma

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Jus kelapa muda, pisang dan kurma berguna mencegah rambut rontok
Jus kelapa muda, pisang dan kurma berguna mencegah rambut rontok

Watyutink.com – Semua orang pasti menghindari rambut yang tidak sehat. Pasalnya rambut tidak sehat akan memicu kerontokan bahkan kebotakan. Itulah sebabnya semua orang berusaha sebisa mungkin menjaga kesehatan rambut dan mencegah rontok apalagi botak.

Beragam cara dilakukan untuk melindingi mahkota kepala itu. Aneka ramuan, obat-obatan, shampo dan kosmetika lainnya demi menjaga kesehatan rambut. Padahal sejatinya kesehatan rambut bisa dijaga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa mengatasi kerontokan rambut?

Rambut adalah organ tubuh yang tumbuh di bagian atas kepala. Tak kurang dari 100.000 helai rambut tumbuh menutupi kulit kepala. Fungsinya utamanya untuk melindungi kulit kepala dari berbagai hal, seperti sengatan sinar matahari dan  hawa dingin. Rambut akan mengalami kerontokan 50 hingga 100 helai per hari dan nantinya akan digantikan rambut baru.

Proses tumbuhnya rambut diawali dengan tahapan anagen atau pertumbuhan selama dua hingga enam tahun. Selanjutnya rambut akan rontok dan tubuh kembali dalam dua hingga tiga bulan. Tahap ini disebuet telogen. Sebelum rontok, rambut akan mengalami masa transisi selama dua hingga tiga pekan yang dikenal dengan tahap katagen.

Jika rontok dalam jumlah 50 hingga 100 helai dan berlangsung dalam waktu dan fase tersebut, kondisi rambut bisa dikatakan normal. Namun jika rontok dalam jumlah yang lebih banyak dan masa tumbuh kembalinya lebih lama, hal itu menjadi pertanda rambut mengalami masalah. Jika siklus pertumbuhan terganggu, rambut akan rontok dan berujung pada kebotakan.

Banyak hal yang bisa memicu rambut rontok dan botak. Penggunaan kosmetik yang salah, seperti minyak rambut, pomade, pewarna rambut dan sebagainya bisa memicu kerontokan. Pola makan yang tidak sehat, penggunaan obat tertenti, seperti kemoterapi dan kondisi setelah melahirkan juga bisa memicu rambut rontok. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok dan botak.

Kerontokan rambut biasanya ditandai dengan gejala penipisan rambut. Penipisan bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba. Gejalanya bisa berlangsung sementara atau permanen.

Melihat fungsinya yang penting, kesehatan rambut wajib selalu dijaga. Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagramnya menyebut salah satu caranya dengan memanfaatkan bahan alami, seperti air kelapa muda, pisang, dan kurma. Air kelapa diketahui mengandung kinetin yang mampu membuang radikal bebas, penyebab kerontokan rambut.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X